Friday, 29 March 2024
HomeKota BogorBMKG: 700 Sambaran Petir Terjadi di Bogor

BMKG: 700 Sambaran Petir Terjadi di Bogor

BOGOR DAILY-Kepala Subbidang dan Analisis Iklim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG, Adi Ripaldi mengatakan dari segi kerawanan , daerah Depok dan merupakan wilayah dengan frekuensi tertinggi di Indonesia.

“Keduanya tertinggi di Indonesia jika dibanding wilayah lainnya,” kata Adi Ripaldi saat dihubungi pada Minggu 4 Maret 2018.

Selama tahun 2016, untuk wilayah Jawa Barat seperti Depok dan , jumlah sambaran di sepanjang tahun bisa mencapai kurang lebih 700 ribu sambaran.

Sedangkan untuk daerah yang minim sambaran adalah wilayah Maluku, sebagian Papua Barat dan bagian Timur dari Sulawesi Tengah. “Jumlah sambarannya kurang dari 100 ribu,” ucap dia.

Semalam, menyambar gardu listrik di sekitar Stasiun Kebayoran yang berdampak kepada kabel aliran atas dan terhentinya perjalanan kereta komuter Tanah Abang – Stasiun Serpong. Kejadian tersebut terekam dalam sebuah video salah satu penumpang kereta komuter dan terjadi pada pukul 18.00 WIB.

Adi menuturkan berdasarkan hasil pantauan satelit semalam memang kondisi cuaca wilayah Tangerang-Depok yang berpotensi hujan sedang dan lebat membuat kondisi hujan seperti itu sering disertai kilat dan .

“Sehingga sangat mungkin untuk terjadinya pada kondisi hujan,” kata Adi dari BMKG menjelaskan soal petir.