Friday, 26 April 2024
HomeKabupaten BogorDinkes Pelototi 215 Depot Air Minum di Kota Bogor

Dinkes Pelototi 215 Depot Air Minum di Kota Bogor

BOGOR DAILY-Dinas Kesehatan Kota Bogor, Jawa Barat melakukan pengawasan kualitas air yang dikonsumsi masyarakat terutama di 215 yang tersebar di 68 kelurahan.

“Pengawasan ini bagian dari pembinaan terhadap pelaku usaha , sudah kita lakukan sejak 2015 sampai 2018 ini masih,” kata Penanggungjawab Program Pengawasan Air Minum, Seksi Kesehatan Lingkungan, Dinas Kesehatan Kota Bogor, Asep Suparman kepada Antara di Bogor, Senin (19/3/2018).

Asep mengatakan ada dua model pengawasan yang dilakukan yakni pengawasan eksternal dan internal air yang siap diminum dalam hal ini . Pengawasan secara eksternal dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Bogor, sedangkan pengawasan internal melibatkan pengusaha depot air.  Secara eksternal lanjutkan, tahun 2017 lalu menyasar 61 yang tersebut di 68 kelurahan.

Pengujian dilakukan dengan mengambil sampel secara aca dari 61 depot lalu diuji secara laboratorium yang terakreditasi secara baik kimia lengkap dan bakteriologi. “Secara kimia lengkap hasil pengujian air minum di 61 depot tersebut sudah memenuhi syarat sesuai amanat Permenkes Nomor 492 Tahun 2010,” katanya.

Tetapi hasil pengujian secara bakteriologi, dari 61 depot tersebut, sebanyak 31 depot menunjukkan hasil mengandung ecoli.Menurut Asep hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Fakto pertama berasal dari unsur personal (higienis) dari operator depot.Bisa jadi melayani sambil merokok, tidak mencuci tangan sehingga galon air terkontaminasi.”Penyebabnya personal higienis dari operator,” katanya.

sumber: wartakota