Thursday, 2 May 2024
HomeKota BogorEdan! Komplotan Ini Edarkan Uang Palsu Rp6 Miliar di Bogor

Edan! Komplotan Ini Edarkan Uang Palsu Rp6 Miliar di Bogor

BOGOR DAILY- Polisi menangkap 3 pengedar di sebuah kontrakan di Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor. Dari para tersangka, polisi mengamankan sebanyak Rp 6 miliar dalam pecahan Rp 100 ribu.

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Ulung Sampurna Jaya mengatakan, ketiga tersangka ditangkap setelah pihak Polsek Bogor Timur mendapat laporan warga terkait dugaan adanya peredaran di wilayah hukum Polsek Bogor Timur.

“Kemudian dilakukan penyelidikan, hingga akhirnya tadi pagi anggota melakukan penangkapan kepada ketiga tersangka di rumah kontrakan di Bogor Timur. Dari rumah kontrakan itu diamankan sebanyak Rp 6 miliar,” kata Kombes Ulung di Polsek Bogor Timur, Selasa (27/3/2018).

Ketiga tersangka yang diamankan yakni Candra (55) asal Blitar, Masimilianus Jasri Abrur ((36) asal Flores, dan Yornes Sanitado (31) asal Flores. “Saat penangkapan sebenarnya ada 5 orang yang diamankan tapi sementara 2 orang lainnya masih sebagai saksi. Jadi yang ditetapkan tersangka tiga orang ini,” kata Ulung.

Kepada polisi, ketiga tersangka mengaku mendapat sebanyak Rp 6 miliar tersebut dari seseorang yang kini masih diburu polisi. sebesar Rp 1 miliar dibeli tersangka dengan uang asli Rp 750 juta. “Kemudian pelaku menjual kembali dengan perbandingan Rp 1 miliar uang asli ditukar dengan Rp 3 miliar ,” jelasnya.

Ulung menyebut, sebanyak Rp 6 miliar tersebut didatangkan dari luar Bogor dan rencananya akan dijual kembali kepada seseorang di Tangerang Selatan.  “Kita masih kembangkan kasus ini, pelaku masih akan di dalami keterangannya. Terkait di mana ini dibuat, ke mana saja diedarkannya, dan siapa saja jaringannya,” kata Ulung.