Tuesday, 23 April 2024
HomeBeritaSadis! Tubuh Mahasiswa Direbus Dalam Cairan Asam

Sadis! Tubuh Mahasiswa Direbus Dalam Cairan Asam

BOGOR DAILY-Tiga Meksiko tewas dalam keadaan mengenaskan. Jenazah mereka ditemukan dalam kondisi dilarutkan dalam .  Tiga jurusan film itu yakni bernama Javier Salomon Aceves (25), Jesus Daniel Diaz (20) dan Marco Garcia Avalos (20). Mereka kuliah di University of Audiovisual Media di Guadalajara, ibu kota negara bagian Jalisco.

Mereka sebelumnya dilaporkan hilang pada 19 Maret lalu. Diduga kuat mereka dibunuh oleh kartel narkoba Jalisco New Generation Cartel (CJNG) karena dianggap sebagai rival.  Sebelum hilang, ketiganya sedang mengerjakan tugas di sebuah rumah di Tonala. Saat itu, rumah tersebut diketahui sedang ‘diawasi' para pelaku. Kehadiran tiga memancing kecurigaan para pelaku.

Dari keterangan saksi mata, saat kejadian ada pria bersenjata yang mengaku sebagai polisi. Pria itu menjegat tiga tersebut saat mobil mereka mogok. Sejak itu mereka menghilang dan ditemukan dalam keadaan tewas.

Hasil penyelidikan jaksa Jalisco, ketiganya disiksa terlebih dahulu sebelum dibunuh. Lalu, jasad mereka dilarutkan dalam cairan yang diduga sejenis asam (acid).

Dalam buku Cartel: The Coming Invasion of Mexico's Drug Wars yang ditulis oleh Sylvia Longmire tahun 2011, cairan yang dipakai para kartel narkoba untuk ‘merebus' korbannya itu disebut sebagai pozole. Sylvia lantas menyebutkan, cairan itu sebetulnya merupakan lye.

Namun seringkali lye disebut sebagai asam (acid), padahal sebetulnya adalah sodium hidroksida (NaOH) atau potasium hidroksida (KOH). Lye bersifat korosif dan berbahaya jika terkena kulit.

“Sesudah itu, jenazah-jenazah mereka dilarutkan dalam agar tidak ada jejak mereka yang tertinggal,” demikian pernyataan kantor jaksa negara bagian Jalisco.

Dua tersangka telah ditangkap. Kepolisian Meksiko masih memburu enam tersangka lainnya.