Friday, 26 April 2024
HomeNasionalJokowi Beberkan Rincian Utang RI Rp4.000 Triliun

Jokowi Beberkan Rincian Utang RI Rp4.000 Triliun

BOGOR DAILY-Presiden menilai ada provokasi dalam rumor yang merebak mengenai jumlahutang RI. mencatat, beberapa pihak menuliskan utang Indonesia kini mencapai Rp4 ribu triliun tanpa rincian yang memadai dan menciptakan kesan pemerintahannya gemar berutang kepada asing.

Menurut , Indonesia telah memiliki utang Rp2.700 triliun saat dia dilantik. Bunga utang itu Rp250 triliun per tahun. Sehingga, dalam empat tahun, bunga utang bertambah Rp1000 triliun. “Mengerti enggak ini? Supaya mengerti, jangan dipikir saya utang sebesar itu,” kata saat berpidato dalam acara Konvensi Galang Kemajuan Tahun 2018, di Bogor, Sabtu, 7 April 2018 seperti tertulis dalam rilis Biro Pers Sekretaris Presiden.

Presiden menyayangkan sejumlah pandangan negatif yang dituduhkan kepadanya belakangan ini, mulai dari hal sifatnya pribadi hingga program pemerintah di bawah kepemimpinannya.

menyatakan semua tudingan itu sama sekali tak berdasar. Menurut Presiden, banyak yang ingin melemahkan RI dengan cara-cara yang tidak beradab. “Ngomongin isu antek asing, tuding-tuding ke saya. itu antek asing.”

Meski begitu, mengaku tak ambil pusing dengan aneka tudingan kepadanya. Menurut dia, masyarakat saat ini sudah semakin dewasa memilih kabar. “Sekarang ini masyarakat juga makin matang, makin dewasa.” Masyarakat semakin mengerti soal isu, fitnah, hoaks, kabar bohong. “Sudah mengerti semuanya.”