Saturday, 27 April 2024
HomeKota BogorParah, UNBK di Bogor Molor 2 Jam

Parah, UNBK di Bogor Molor 2 Jam

BOGOR DAILY- Gangguan koneksivitas server mewarnai hari pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer () Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Bogor, Senin (23/4/2018) pagi.

Alhasil sekitar dua jam para siswa harus menunggu koneksi server kembali normal. Sambil menunggu, para siswa diajak berdiskusi oleh para gurunya. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor Fahrudin mengatakan, peserta ujian pada pukul 07.15 WIB telah siap di depan komputernya masing-masing untuk mengikuti ujian sesi 1 pukul 07.30 WIB. Tetapi hingga pukul 09.30 WIB ujian belum juga dimulai, dikarenakan terkendala gangguan koneksivitas server.

“Kendala koneksi server yang menyebabkan pergeseran jam ujian hingga dua jam. Ini di hari pertama , “ungkap Fahrudin, Senin (23/4/2018) siang.

Fahrudin yang saat itu sedang memantau langsung pelaksanaan di beberapa sekolah, segera menginstruksikan seluruh sekolah yang melaksanakan giat SMP di Kota Bogor untuk menenangkan para siswanya.

“Saya mengintruksikan kekosongan waktu diisi dengan tanya jawab dan baca buku kembali sebagaimana yang dilakukan saya di SMP Negeri 3. Tanya jawab dilakukan seputar hari bumi dan lingkungan hidup, beberapa siswa yang mampu menjawab pertanyaan langsung diberikan hadiah,” tambahnya.

Fahrudin memberikan soal tersebut saat menunggu token dapat terhubung ke server. sebab bukan hanya di Kota Bogor,beberapa kota di Jawa Barat mengalami nasib yang sama.

“Sampai pukul 09.00 WIB saat saya telah berada di SMP Negeri 1 server belum juga kunjung terkoneksi. Akhirnya pada pukul 09.25 WIB token sudah bisa koneksi dengan server maka ujian sesi 1 baru dapat dimulai pada pukul 09.30 WIB, ” bebernya.

Atas kejadian tersebut, Fahmi berpesan kepada seluruh penyelenggara SMP di Kota Bogor agar dapat memperhatikan makan siang para peserta ujian dan menyediakan tempat istirahat yang representatif di sekolah.

Sebab kejadian tersebut berdampak pergeseran waktu ujian hingga dua jam, yang semestinya peserta ujian sesi 1 usai pada pukul 15.00 WIB kini mengalami pergeseran usai hingga pukul 16.30 WIB.

“Saya berharap agar kejadian seperti hari ini tidak akan terulang pada tiga hari kedepan yang mana pelaksanaan dilaksanakan mulai tanggal 23 sampai 26 April 2018,” pungkasnya.

 

sumber: inilahkoran.com