Saturday, 20 April 2024
HomeKota BogorAda Kampanye Hitam di Pilwakot Bogor, Ini Korbannya

Ada Kampanye Hitam di Pilwakot Bogor, Ini Korbannya

BOGOR DAILY- Satu bulan jelang hari pencoblosan Pilwalkot Bogor 2018, mulai dihiasi selebaran untuk menjatuhkan salah satu pasangan calon. Salah satunya temuan selebaran yang beredar di sejumlah sudut Kota Bogor dan tersebar di media sosial.

Dalam selembaran yang mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Bogor (AMB) itu tertulis hal-hal yang mendeskreditkan calon wali kota petahana Bima Arya Sugiarto dan diduga hasil perbuatan oknum yang ingin memperkeruh suasana Pilkada Damai Kota Bogor.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Bogor, Yustinus Eliyas Mau, mengaku sudah mendengar kabar itu namun pihaknya belum menerima laporan dari pihak paslon yang disebut dalam selebaran itu. “Harus hati-hati jangan terjebak dengan adu domba,” ungkapnya, Jumat (12/5).

Meski demikian, kata dia, Panwaslu sedang berkoordinasi dengan Kepolisian kaitan dengan surat kaleng tersebut. “ Jika nanti terbukti, ini merupakan pelanggaran pidana. Kami terus telusuri,” tegasnya.

Senada, Ketua Panwascam Tanah Sareal, Supriantona Siburian juga membenarkan adanya surat kaleng dan gambar-gambar yang menjatuhkan salah satu pasangan calon.

“Ini merupakan perbuatan yang dilarang oleh Undang-Undang 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah dan PKPU 4 Tahun 2017 tentang kampanye karena itu bisa diduga black campaign,” jelas Anto.

Menyikapi hal, Panwaslu Kecamatan Tanah Sareal akan memberlakukan patroli malam untuk menghindari kegiatan-kegiatan yang dilanggar oleh Undang Undang. Kegiatan Patroli atau keliling di malam hari ini bertujuan agar Pemilukada 2018 di Kota Bogor khususnya di Tanah Sareal menjadi kondusif dan minimnya tingkat pelanggaran pada masa kampanye.

Sementara, Calon Wali kota Bogor Bima Arya di setiap beberapa kesempatan kerap menyampaikan dalam kontestasi pemilu diharapkan terjadi adu gagasan, adu program untuk memenangkan pilkada.

“Jadikan pilkada sebagai pembelajaran atau contoh yang baik generasi muda. Selalu mengedepankan program dan jadikan sebagai ajang bertarung gagasan membangun kota bukan black campaign,” kata Bima beberapa waktu lalu.