Friday, 19 April 2024
HomeNasionalBandara Kertajati Resmi Beroperasi

Bandara Kertajati Resmi Beroperasi

BOGOR DAILY-Tepat pukul 09.30 WIB, Pesawat Indonesia 1 yang digunakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendarat di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau yang sering disebut Majalengka. Ini menjadi penerbangan bersejarah (historical flight) di setelah pengerjaannya rampung.

Mendampingi Jokowi dalam historical flight, yaitu Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Tak selang berapa lama rombongan Presiden Jokowi mendarat dengan pesawat kepresidenan, tepat pukul 10.00 WIB, pesawat Garuda Indonesia menjadi pesawat ke-2 yang landing di dengan mengangkut rombongan VIP. Pendaratan pesawat tersebut menandai telah resminya BIJB beroperasi. “Alhamdulliah sudah kita saksikan pendaratan resmi yang pertama pesawat turun di Bandara Internasional Kertajati setelah kemarin ada percobaan-percobaan yang dilakukan,” ujar Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi berharap bandara ini bisa melayani masyarakat yang ingin ke Jawa Barat. Dia juga berharap, dengan adanya bandara ini bisa meningkatan perekonomian masyarakat Jawa Barat. “Selain itu kita berharap ada dampak ekonomi untuk Kabupaten Majelengka dan Jawa Barat secara keseluruhan,” kata Jo

Untuk meningkatkan ekonomi Jawa Barat, Jokowi memastikan ini akan terintegrasi dengan Pelabuhan Patimban. Tidak hanya itu, bandara tersebut saat ini telah terkoneksi dengan jalur tol Cipali.

“Kita ingin ini terintegrasi dengan Pelabuhan Patimban yang jaraknya kurang lebih 40 km, sehingga integrasi ini bisa memberikan kemudahan pelayanan fasilitas investor masuk. Dengan itu, harapannya pertumbuhan ekonomi Jawa Barat bisa meningkat,” Jokowi memaparkan.