Ini Qori Ganteng yang Lagi Naik Daun

BOGOR DAILY-Nama Syakir Daulay mulai terdengar wara-wiri di dunia hiburan, apalagi di bulan Ramadan seperti sekarang. Bukan hanya dikenal ganteng dan berbakat, remaja asal Aceh ini juga pandai mengaji. Bisa dibilang, dalam ilmu agama, Syakir memiliki nilai di atas rata-rata dibanding anak seumurannya.

Di acara Tarhib Ramadan yang digelar Remaja Islam Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu, Syakir bercerita bahwa sejak kecil ia sudah belajar Alquran. Orangtuanya selalu menanamkan rasa cinta terhadap Alquran dan bisa membacanya.

“Sampai dulu kalau di rumah itu, masa-masa kecil, setiap bangun tidur sama sebelum tidur pasti rumah tuh sudah bunyi Alquran, jadi terbiasalah,” ujar Syakir.

Sebelum datangnya tawaran-tawaran mengisi adzan di beberapa televisi dan bermain film, Syakir Daulay merupakan santri di pesantren Darul Quran milik Ustaz Yusuf Mansyur.

“Syakir waktu itu muncul di televisi jadi muadzin. Dari situ, kemudian ada tawaran main film, Syakir ambil juga buat belajar. Alhamdulillah film Syurga Menanti waktu itu di tahun 2016 sukses,” kenangnya.

Film itu akhirnya membuat pemuda kelahiran 10 Januari 2002 itu mulai dikenal dan punya banyak followers di media sosial. Dari sana, Syakir mengajak anak-anak muda untuk mencintai Alquran. Menurutnya, banyak anak muda yang tertarik dengan Alquran. Hanya saja, disebutkan Syakir, masih kurang figur yang mencitrakannya.

“Kita kan banyak yang terkontaminasi sama yang baik-baik tuh cuma pencitraan, sebenarnya nggak. Memang yang baik itu harus kita citrakan, supaya efeknya ke anak muda baik. Ini banyakan justru yang keluar di sosial media yang nggak baik,” tutur anak dari pasangan M. Hasan Daulay dan Nazariah itu.

Syakir berharap anak-anak muda yang telah mengikuti akun Instagram pribadinya bisa melihat bahwa anak muda juga bisa menjadi qori atau suka membaca Alquran dan tetap bisa gaul. Syakir mengatakan, yang membaca Alquran bukan hanya yang harus salat ataupun harus ke masjid saja. Bukan pula ustaz atau yang memakai gamis saja.

“Syakir mulai bikin Instagram tahun 2014 atau 2015. Ya sampai sekarang alhamdulillah masih terus ngajak teman-teman, dari Instagram bahwa jangan cuma jadi anak muda tapi harus juga bisa ngaji, harus bisa salat,” pungkasnya.

Sumber: Detik Hot