Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaMacan Tutul Turun Gunung, Ada di Kolong Rumah Warga

Macan Tutul Turun Gunung, Ada di Kolong Rumah Warga

BOGOR DAILY-Seekor ngumpet di kolong rumah warga Hendi alias Goci (53) di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Macan tersebut bersembunyi usai memangsa ayam peliharaan Goci.

turun gunung dan masuk permukiman ini bikin heboh warga Kampung Perbawati, Desa Perbawati, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi. Informasi dihimpun, hewan liar tersebut bersembunyi sejak Rabu (16/5) malam.

Kemunculan ini terungkap saat Goci curiga suara mencurigakan. Dia terbangun saat mendengar ayam peliharaannya berbunyi keras malam tadi, sekitar pukul 23.30 WIB.

“Malam tadi ayam bunyi, saya lihat bulu awur-awuran (berserakan) di samping rumah. Saya ngikut ceceran bulu ayam. Saya bawa senter, pas senterin ke bawah kolong rumah, saya lihat ,” kata Goci, di rumahnya, Kamis (17/5/2018).

Selesai santap sahur bersama istrinya, Goci lalu menghubungi petugas Polsek Sukabumi, Resor Sukabumi Kota, sekitar pukul 04.30 WIB. Petugas datang ke lokasi dan berkoordinasi dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jabar dan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

Hingga kini macan tersebut masih bersembunyi di bawah kolong rumah Goci. Pengamatan di  areal perkampungan warga memang berada di kaki Gunung Gede Pangrango.

Beberapa polisi terlihat berjaga di sekitar lokasi. Semula para warga sempat merangsek ke seputaran rumah Goci untuk melihat dekat hewan tersebut.

Sejumlah warga mengatakan penampakan di perkampungan jarang terjadi. “Terakhir tahun 96-97, dulu yang dimakan domba. Setelah itu jarang muncul, keluar lagi sekarang-sekarang,” tutur Jajat warga setempat

sumber detik.com