Friday, 26 April 2024
HomeBeritaMarquez Puncaki GP

Marquez Puncaki GP

BOGORDAILYMarc merebut puncak klasemen MotoGP dengan menjuarai Grand Prix Spanyol nyaris tanpa perlawanan, setelah dua pebalap Ducati di belakangnya jatuh akibat tabrakan yang dipicu sesama penunggang Repsol Honda, Dani Pedrosa, Minggu (6/5).

Dia mengukir waktu 41 menit 39,678 detik. Kemenangan itu jadi kedua beruntun bagi setelah dua pekan lalu juga jadi kampiun pada MotoGP AS. Alhasil, berhasil naik ke puncak klasemen sementara.

Posisi kedua ditempati pebalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco. Pebalap yang musim depan memperkuat KTM tersebut berhasil mengungguli rider Suzuki, Andrea Iannone. Adapun Valentino Rossi menghuni urutan kelima, di belakang Danilo Petrucci. 

Balapan tersebut sempat diwarnai crash beruntun yang membuat dua pebalap Ducati, Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso, serta pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, gagal finis. Ketiganya mengalami crash delapan lap sebelum bubaran.  

Saat peristiwa itu terjadi, Lorenzo sedang menempati posisi kedua, sedangkan Predrosa di urutan ketiga, serta Dovi di posisi keempat. 

Insiden bermula ketika Pedrosa hendak menyalip Lorenzo di Tikungan enam. Namun, keduanya kemudian bersenggolan. Setelah itu, motor Lorenzo menghantam Dovizioso. Ketiganya terlempar keluar lintasan dan gagal melanjutkan balapan. 

Saat insiden itu terjadi, Marc sedang memimpin balapan. Alhasil, pebalap Spanyol itu kian melaju sendirian di depan hingga garis finis. 

Jalannya Balapan 

Cal Crutchlow yang menempati pole, gagal melakukan start dengan mulus. Dia langsung melorot ke urutan keempat selepas start. 

Sebaliknya, Jorge Lorenzo yang menempati start keempat berhasil menyodok ke urutan terdepan, dibuntuti Dani Pedrosa dan Johann Zarco. Marc di posisi kelima, sedangkan Rossi naik satu urutan ke posisi kesembilan. 

Pada lap ketiga, Lorenzo sempat melebar tapi tetap berhasil mengamankan posisinya sebagai pemimpin balapan. Tak lama berselang, berhasil menyalip Pedrosa dan Zarco hingga menempati urutan kedua. 

Pada lap ketujuh, pebalap Suzuki, Alex Rins, terpaksa menyudahi balapan lebih awal. Motornya terlempar keluar dari lintasan setelah tergelincir. Adapun tiga posisi terdepan masih ditempati Lorenzo, dan Pedrosa. 

Lorenzo gagal mempertahankan posisinya terlalu lama. Pada lap kesembilan, berhasil mengambil alih status pemimpin balapan saat di tikungan. Lorenzo melorot ke posisi kedua, dikuntit Pedrosa. Tak berapa lama berselang, Andrea Dovizioso menyalip Pedrosa untuk menempati posisi ketiga. 

Hingga sepuluh lap terakhir, tak ada perubahan berarti di posisi sepuluh besar. Tiga urutan terdepan juga masih dikuasai , Lorenzo dan Dovi. Namun, insiden terjadi pada delapan lap sebelum balapan bubar, hingga menyebabkan Lorenzo, Pedrosa dan Dovi gagal finis.