Wednesday, 26 June 2024
HomeKota BogorTabung Gas Melon Bocor, Dua Balita Mengalami Luka Bakar Serius

Tabung Gas Melon Bocor, Dua Balita Mengalami Luka Bakar Serius

BOGOR – Diduga akibat kebocoran, gas elpiji berukuran 3 kilogram menyemburkan api dan membakar 6 orang warga Kp. Cisewu, Desa Sukajaya, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Mereka langsung dilarikan ke RSUD Cileungsi untuk mendapatkan penanganan medis. Dari ke-6 orang warga ini, 2 diantaranya masih berusia balita.
Kapolsek Jonggol, Kompol Agus Supriyanto saat dikonfirmasi mengatakan, peristiwa tersebut terjadi di salah satu rumah warga bernama Siti Masriah (35) saat sedang memasak untuk persiapan hajatan pada Rabu, 2 Mei 2018 lalu, sekira pukul 16.00 WIB.
Menurut Kapolsek, saat itu tabung gas yang digunakan untuk memasak habis kemudian diganti dengan yang baru. Namun, tabung yang baru tersebut diduga mengalami kebocoran, sehingga pemilik rumah mencopot regulator dari tabungnya.
“Tabung yang diduga bocor itu masih ditaruh di dapur. Kemungkinan gasnya masih keluar sehingga uap gas memenuhi ruangan,” kata Agus Jumat (4/5/2018).
Dikatakan Kapolsek lebih lanjut, tidak jauh dari tabung gas, terdapat sebuah tungku api yang juga digunakan Siti Masriah untuk memasak. Sontak api tungku menyambar tabung gas hingga menyemburkan api yang cukup besar dan membakar 6 orang yang tengah berada di dapur tersebut.
“Pemicunya karena gas disamber sama api dari tungku itu. Tabungnya sendiri nggak meledak, cuma keluar api dari tabung yang bocor,” jelasnya.
Akibatnya, enam orang yang turut membantu memasak persiapan hajatan, mengalami luka bakar dan dilarikan ke RSUD Cileungsi. Dua diantranya masih berusia balita, Nurmala (2,5) dan Sofyan (4)
“Sampai hari ini ada 6 korban masih dirawat. Dua bocah harus dioperasi karena luka di atas 50 persen, sisanya di bawah 50 persen,” papar Agus.
Terkait kejadian itu, hingga kini polisi masih melakukan penyelidikan dengan mengumpulkan keterangan dari sejumlah saksi, serta mengamankan tabung gas tersebut sebagai barang bukti.
“Kita masih mintai keterangan saksi-saksi. Untuk tabungnya juga masih diperiksa, takutnya memang tabungnya bocor karena rusak,” tandasnya