Thursday, 2 May 2024
HomeKota Bogor31 Puskesmas di Bogor Tetap Buka di Hari Pencoblosan

31 Puskesmas di Bogor Tetap Buka di Hari Pencoblosan

BOGOR DAILY- Dinas Kesehatan Kota Bogor tetap mengoperasikan layanan kesehatan puskesmas di sejumlah wilayah selama libur pilkada serentak, Rabu , 27 Juni 2018. “Walau dinyatakan libur, tetapi layanan kesehatan di puskesmas tetap buka seperti biasa,” kata Kepala Dinkes Kota Bogor, Rubaeah di Bogor, Selasa 26 Juni 2018.

Rubaeah menyebutkan sesuai informasi bahwa 27 Juni merupakan libur nasional karena pilkada serentak 2018. Namun pegawai Puskesmas tetap masuk dengan sistem piket. Kebijakan ini sudah diinstruksikan kepada semua puskesmas di Kota Bogor yang berjumlah 31 puskesmas, dengan rincian 25 puskesmas induk, dan enam puskesmas perawatan.

Selama libur pilkada serentak, jam operasional puskesmas dimulai dari pukul 08.00 WIB-12.00 WIB. Tetapi, khusus puskesmas yang memiliki fasilitas rawat inap, maka beroperasi 24 jam. “Tidak ada perubahan hanya diterapkan sistem piket saja,” katanya.

Untuk warga yang saat pencoblosan menjadi pasien di puskesmas rawat inap dan ingin memberikan hak suara atau hak pilihnya, dapat dibantu oleh petugas setempat. Kepala puskesmas juga akan menjalin koordinasi dan komunikasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor untuk melaporkan pasien-pasien yang memiliki hak suara atau hak pilih.

“Setelah dilaporkan, nanti dari KPU Kota Bogor akan datang ke puskesmas dan memfasilitasi pasien rawat inap yang memiliki hak suara,” kata Rubaeah.

Pada libur pilkada serentak ini, pegawai puskesmas yang akan memberikan hak suara atau hak pilihnya ke masing-masing dilakukan secara bergiliran.