6 Kuburan China di Citeureup Dibongkar, Semuanya Perempuan

BOGOR DAILY-Sebanyak enam kuburan warga keturunan Tionghoa di Tempat Pemakaman Umum (TPU), Kober, Karangasem Barat, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor dirusak orang tidak dikenal. Polisi menduga, rusaknya kuburan-kuburan itu disengaja untuk mencuri harta dalam kuburan.

Menurut pengurus makam, Endom (65) mengatakan perusakan kuburan tersebut baru diketahui pada Sabtu kemarin. Saat itu, dirinya yang hendak membersihkan area pemakaman, terkejut melihat adanya kuburan dalam kondisi rusak.

“Saya tahu ada makam yang rusak karena dibongkar pas mau bersihin rumput,” kata Endom, Senin (11/6).

Kata dia, peristiwa pengrusakan tersebut baru pertama kali dialami Endom terjadi selama 12 tahun mengurus pemakaman. Menurutnya, kuburan itu dibongkar oleh seseorang yang mencari harta di dalam kuburan.

“Saya¬†enggak¬†tahu pasti tujuannya apa. Mungkin ada orang mencari harta atau perhiasan, karena orang Tionghoa kaya yang meninggal dikuburnya sama barang kesayangan mereka,” ungkap Endom. Enam kuburan yang rusak diketahui dimiliki orang berada.

Lurah Karangasem Barat Bangun Septa mengaku telah mendengar informasi itu. Menurutnya dari hasil keterangan warganya, seluruh kuburan yang dibongkar adalah milik warga Tionghoa asal Jakarta dan Citeureup.

“Ada empat dari Jakarta, dua dari Citeureup. Itu semuanay perempuan.”kata Bangun.

Sementara itu, Kapolsek Citeureup Komisaris Darwan membenarkan adanya kuburan yang dirusak orang tidak dikenal tersebut. Namun, pihaknya masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait kasus ini.

“Iya, total ada enam kuburan, kita masih lakukan penyelidikan terkait motifnya apa. Kemungkinan mencari harta atau yang lainnya. Tapi sampai saat ini belum ada laporan resmi dari pihak keluarga yang makamnya dibongkar,” singkat Darwan, saat dikonfirmasi.