ADV : Pemkot Bogor Luncurkan Aplikasi Sistem Informasi Pengaduan Sarana Prasarana

Bogor Daily – Sebuah aplikasi baru hadir di Lingkungan Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kota Bogor. Aplikasi dengan nama Sistem Informasi Pengaduan Sarana Prasarana (SIPS) ini sudah bisa diunduh di Playstore. SIPS merupakan inovasi perubahan yang dibuat Kepala Bagian Umum Yadi Cahyadi dengan menggandeng Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Aparatur (BKPSDA) Kota Bogor dan Dinas Komunikasi Informatika Statistika dan Persandian (Diskominfostandi) Kota Bogor.

Dibuatnya aplikasi SIPS ini bukan tanpa alasan, selain tuntutan untuk membuat proyek perubahan di Pendidikan Kepemimpinan (Diklat) tingkat III yang sedang dijalaninya. SIPS ini juga memang sangat dibutuhkan untuk merespon pengaduan atau keluhan atas sarana prasarana yang rusak di lingkungkungan Setdakot dengan lebih cepat.

Pasalnya selama ini pengaduan atau keluhan sarana prasarana masih dilakukan secara manual dengan mengajukan surat permohonan. Hal ini tentu membutuhkan waktu untuk menunggu disposisi pimpinan sehingga respon dan perbaikan menjadi lebih lama. Padahal beberapa dari keluhan seperti AC, Kursi, Meja, Kelistrikan ataupun Kendaraan bisa diperbaiki dalam beberapa jam saja.

“Jadi sekarang pengguna barang dapat menginformasikan keluhannya melalui aplikasi ini. Semua aduan akan direspon cepat operator dan tim Unit Cepat Tanggap akan langsung datang ke lokasi untuk memperbaiki,” ujar Yadi saat ditemui langsung di Kantornya, Jalan Ir. Juanda, Kota Bogor, Kamis (28/06/2018).

Yadi menuturkan, ada tiga tim Unit Cepat Tanggap yang ia bentuk sesuai dengan bidangnya. Sebut saja, Tim Kelistrikan dan mekanikal elektrikal, Tim Gedung atau Bangunan dan Tim Kendaraan Operasional. Tim ini yang akan melayani keluhan dan pengaduan dari para pegawai di lingkungan Setdakot Bogor.

“SIPS ini sudah diujicobakan sejak Jumat lalu dan sudah disosialisasikan kepada seluruh pegawai. Semua pegawai bisa pakai aplikasi ini, cukup login dengan NIP dan masukan Password,” tuturnya.

Kedepan, lanjutnya, SIPS akan terus dikembangkan tidak hanya untuk keluhan dan pengaduan sarana dan prasarana. Namun lebih dari itu, SIPS menjadi inovasi dalam menunjang fasilitas dan aset yang ada di Setdakot Bogor sehingga penggunaannya bisa lebih maksimal.

“Harapannya aplikasi ini dapat lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang ingin memakai ruangan di balkot semuanya bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya (fla/hari)