Thursday, 25 April 2024
HomeKabupaten BogorLibur Lebaran, PKL di Bogor Bisa Untung Jutaan Tiap Hari

Libur Lebaran, PKL di Bogor Bisa Untung Jutaan Tiap Hari

BOGOR DAILY-Pedagang Kaki Lima (PKL) sepanjang Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dapat meraup keuntungan hingga jutaan Rupiah selama 1439 Hijriah. “Itu dari H-5 hingga H+4 Lebaran 1439 Hijriah, dimana mendapatkan keuntungan berkisar Rp2 juta hingga Rp5 juta dalam kurun waktu satu hari,” kata Sri Handayani (38), seorang PKL Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, di Cibinong, Selasa (19/6/2018).

Menurut dia, dalam tersebut biasanya pengunjung membeli minuman seperti air mineral maupun teh kemasan, dan lain sebagainya serta makanan seperti keripik dan roti. Wisatawan membeli minuman dan makanan ringan biasanya untuk mengisi waktu luang dimana pada Jalur Puncak sering kali mengalami kemacetan panjang hingga lima kilometer.

Namun, kata dia, momentum Lebaran kali ini memang ada peningkatan keuntungan, dimana pada hari biasa pedagang hanya mengantongi ratusan ribu hingga Rp1 juta. Pengunjung sering kali membeli air mineral dengan harga Rp10.000, sedangkan keripik singkong Rp45.000, talas Rp75.000 hingga Rp150.000. “Biasanya pengunjung membeli hanya sekedar untuk perbekalan saat kembali usai berwisata pada daerah setempat,” katanya.

Dia menambahkan dalam liburan ini biasa menyimpan stok barang lebih dari 35 kardus untuk minuman dan makanan berupa keripik biasa dengan sistem sekali habis. Pasalnya, untuk makanan kalau disimpan tidak akan bertahan lama. Tentunya pembeli (konsumen) dapat dipastikan tidak akan membelinya.

Sementara itu, pemilik Warung Makan Kaki Lima di sekitar Cisarua, Ahmad (45) memgatakan biasanya pengunjung sebelum memasuki Taman Satwa Indonesia membeli makanan hewan berupa sayur mayur. Dia mengungkapkan, pada hari biasa hanya terjual tiga hingga 15 kilogram. Namun pada libur akhir pekan bisa mencapai 25 kilogram. Sedangkan untuk mencapai 50 kilogram sayur mayur.

“Itu biasanya wortel seharga Rp35.000 hingga Rp50.000, dan lain sebagainya,” katanya.

sumber: Okezone.com