Friday, 26 April 2024
HomeKabupaten BogorKenakan Totopong Sunda PKB Daftarkan 55 Caleg ke KPU

Kenakan Totopong Sunda PKB Daftarkan 55 Caleg ke KPU

BOGOR DAILY –DPC Partai Kebangkitan Bangsa () Kabupaten Bogor menyerahkan berkas 55 Caleg yang akan bertarung pada Pemilu 2019, dengan cara unik, yakni mengenakan totopong alias iket kepala khas Sunda Pakuan Pajajaran Bogor.

Penyerahan berkas 55 Caleg diterima oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bogor Haryanto dan seluruh komisioner, Selasa malam (17/7) pukul 23.00 WIB.

Pendaftaran 55 Caleg dipimpin oleh Ketua DPC Edwin Sumarga, didampingi oleh Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) Kharom, Wakil Ketua DPC Ahmad Fahir, Sekretaris LPP Rifqi Abdillah, Kepala Sekretariat DPC Tb Saiful Rizal, dan puluhan Caleg, dengan mengenakan jaket khas warna hijau.

Ketua DPC Kabupaten Bogor Edwin Sumarga mengatakan, pihaknya mengenakan totopong saat pendaftatan Caleg sebagai wujud komitmen keberpihakan pada budaya Sunda.

“Bogor adalah ibu kandung peradaban Sunda. Kami ingin mengusung spirit Prabu Siliwangi dalam mengangkat marwah kearifan lokal dalam membangun Bogor ke depan,” ujar Edwin.

Bagi Edwin, komitmen pemajuan budaya Sunda senapas dengan ajaran ahlussunnah wal jamaah an-Nahdliyah yang menjadi roh gerakan .

memiliki motto juang sebagai gerakan tradisi, dengan menjaga budaya yang diwariskan para leluhur,” ujar Edwin.

Wakil Ketua DPC Kabupaten Bogor, Ahmad Fahir, mengatakan, apa yang dilakukan oleh sebagai salah satu ikhtiar dalam memajukan budaya Sunda di tanah kelahirannya.

“Sebagai urang Sunda Pakuan Pajajaran, Kabupaten Bogor memiliki tanggung jawab moral untuk ikut berjuang bersama para budayawan dan sepuh Sunda dalam melestarikan warisan budaya peninggalan leluhur Siliwangi,” ujar Fahir.

Ketua Bidang Humas Kesatuan Pemangku Adat Sunda Langgeng Wisesa (SLW) ini berharap, apa yang dilakukan PKB dapat menularkan semangat bagi warga Bogor untuk lebih peduli budaya.

“Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan merawat budaya Sunda. Kalau bukan sekarang kapan lagi,” ujar Fahir yang juga Caleg Dapil 6 Kabupaten Bogor.

Sementara itu, Ketua LPP DPC PKB Kabupaten Bogor, Kharom, menyampaikan, 55 caleg yang didaftarkan adalah hasil seleksi ketat lebih dari 100 pendaftar baik dari kader internal maupun tokoh masyarakat.

“Kami menyeleksi ketat banyaknya usulan dan aspirasi pengusungan caleg yang disampaikan masyarakat ke LPP DPC hingga diciutkan menjadi 55 orang,” terang Kharom.

Dikatakannya, berkas 55 Caleg yang didaftarkan ke KPU sudah lengkap semua. Mereka akan bertarung di 6 Dapil se-Kabupaten Bogor. “Kami menargetkan minimal meraih 9 dari 55 kursi DPRD yang diperebutkan. Syukur bila bisa meraih 11 kursi atau 20% yang ditargetkan secara nasional,” demikian Ketua LPP PKB Kabupaten Bogor Kharom.