Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaBareng Warga Pemdes Kiarasari Tanam 3.000 Pohon

Bareng Warga Pemdes Kiarasari Tanam 3.000 Pohon

BDN – Pemerintah Desa (Pem­des) Kiarasari, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, merupakan salah satu desa yang berada di lereng Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Ke­beradaannya menjadi penyuplai ke­butuhan air di empat kampung, an­tara lain Kampung Cibuluh, Pasiripis, Pasirbendera dan Cipeundeuy. Ada sekitar 2.750 jiwa yang memanfaatkan mata air di kawasan tersebut. Lantaran kesadaran menjaga mata air menjadi kebutuhan, Pemdes Kiarasari bekerja sama dengan PT Antam Tbk menanam sedikitnya 3.000 pohon endemis.

Kepala Desa (Kades) Kiarasari Nuro­din Nurhawan memaparkan, penyelama­tan lingkungan tersebut merupakan komitmen yang menjadi program pemerintah desa. Kegiatan yang me­libatkan 300 Kepala Keluarga (KK) tersebut menjadi bentuk nyata dalam program ‘Penanaman Massal di Hulu Cai’. “Ini merupakan bentuk kepedu­lian kami terhadap Daerah Aliran Sungai (DAS) Cidurian yang berada di daerah mata air Cibuluh,” ujar pria yang akrab disapa Jaro Peloy tersebut.

Kegiatan ini, lanjutnya, memiliki pro­spek pengembangan dan pemanfaatan sumber mata air. Hampir seluruh ba­gian tanaman endemis ini dapat di­manfaatkan dan menghasilkan ber­macam produk yang memiliki nilai ekonomi. “Selain menjaga lingkungan dan sumber mata air tetap lestari, ta­naman ini juga memiliki nilai ekonomi sehingga sangat bermanfaat,” tuturnya.

Terpisah, tokoh masyarakat Desa Kiarasari Rozak Nurhawan berharap penanaman pohon secara massal di kawasan Blok Sungapan mata air Ci­buluh ini semoga bermanfaat dan meminta masyarakat untuk selalu berupaya menjaga kelangs­ungan ke­hidupan bagi masyarakat Desa Kiara­sari. ”Karena kawasan Kam­pung Cibuluh ini merupakan salah satu yang dapat memberi daya tarik bagi wisatawan dengan panorama alam­nya,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here