Thursday, 28 March 2024
HomeKota BogorPuskesmas Semplak Melakukan Penjaringan Kesehatan Kepada Siswa TK, SD, SLB, SMP, dan...

Puskesmas Semplak Melakukan Penjaringan Kesehatan Kepada Siswa TK, SD, SLB, SMP, dan SMA

BDN – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Semplak  berkerjasama dengan SDN Neglasari-Bogor Barat dalam program penjaringan kesehatan siswa guna meningkatkan derajat kesehatan peserta didik secara optimal dalam mendukung proses belajar.

“Program penjaringan kesehatan anak sekolah rutin dilaksanakan setiap tahun  yang mana sasarannya siswa kelas 1, maupun SMA. Program ini merupakan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor bertujuan guna mengantisipasi penyakit dan menjaga kesehatan siswa,” Demikian dikatakan Programer UGS Nunung didampingi Programer UKS Deni Kusuma

Lebih jelasnya dikatakan, Puskesmas Semplak membawahi 3 (tiga) kelurahan yaitu kelurahan Semplak, kelurahan Curug dan kelurahan Curug Mekar dengan melakukan penjaringan kesehatan ke 12 TK, 6 , 4 SDIT,  2 MI, 1 , 2 dan 4 SMA.

“Penjaringan kesehatan yang kami lakukan diantaranya mata, telinga, hidung, mulut, tinggi badan dan berat badan,” ujarnya. Ia juga menyebutkan, disamping program penjaringan kesehatan diselingi dengan program BIAS bagi anak-anak yang belum disuntik.

“Masalah kesehatan yang sering ditemui yaitu  gigi berlubang maupun gigi yang mau copot dan kalau ditemukan kasus tersebut, kami menyarankan (dirujuk) siswa untuk berobat ke Puskesmas terdekat dan pada program BIAS biasanya kendalanya pada anak yang nangis karena takut disuntik,” ucapnya.

Sementara kepala SDN Neglasari H. Ikat Karmawan, M.Si  mengucapkan terima kasih atas kehadiran serta kepedulian Puskesmas Semplak yang sudah melakukan (mengontrol) kesehatan siswa. Bahkan orang tua siswa antusias mendampingi putra putrinya.

“Tidak semua orang tua mengawasi secara detail. Maka, pihak sekolah secara kontinyu berkerjasama dengan Puskesmas setempat dan ketika ada yang sakit maka akan dirujuk  ke puskesmas setempat,” pungkasnya.

” Dengan berkerjasama antara pihak sekolah dan Puskesmas kami berharap kedepannya akan menciptakan sekolah yang sehat secara jasmani maupun rohani ,” harap Ikat Karmawan. (boy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here