Dinkes Kota Bogor Peringati Hari Tuberkulosis Sedunia

Kepala Dinkes Kota Bogor mengatakan, peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS) ini sedianya diperingati setiap tanggal 24 Maret pada setiap tahunnya.

 

BOGORDAILY – Dinas Kesehatan Kota Bogor memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS), ditandai dengan pembacaan Deklarasi yang dipimpin oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dr Rubaeah MKM, di Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/4/19).

“Kami berkomitmen untuk menemukan tuberkulosis, obati sampai sembuh melalui upaya – upaya tindakan dan pencegahan,” kata Rubaeah.

Kepala Dinkes Kota Bogor mengatakan, peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS) ini sedianya diperingati setiap tanggal 24 Maret pada setiap tahunnya.

Menurut Rubaeah, Tuberkulosis (TBC) yang juga dikenal dengan TB adalah penyakit paru-paru akibat kuman mycobacterium tuberculosis.

“Ini ancaman serius seluruh bangsa, maka HTBS ini mengingatkan kembali untuk selalu waspada terhadap penyakit TBC,” papar Rubaeah.

Rubaeah melanjutkan, deklarasi yang disampaikan bersama dalam rangka memperingati HTBS tahun ini bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan dengan menjaga kesehatan dilingkungan.

Isi deklarasi antara lain, Temukan Tuberculosis Obati Sampai Sembuh (TOSS) dengan upaya – upaya sebagai berikut :
1. Ketahui TBC mu dari sekarang
2. TOSS TBC dimulai dari saya
3. TOSS TBC mulai dari keluarga
4. Komitmen bersama menuju Indonesia bebas TBC, saatnya Kota Bogor bebas dari TBC mulai dari saya.

Ia berharap dari peringatan HTBS ini dapat meningkatkan kembali kewaspadaan terhadap berbagai penyakit yang diakibatkan dari pola hidup dan lingkungan yang tidak sehat. (*/bdn)

Bagaimana Komentar Kamu?