Friday, 19 April 2024
HomeBeritaHoreee....Tiga Poktan Wakili Bogor di HPS ke-39 Tingkat Jawa Barat

Horeee….Tiga Poktan Wakili Bogor di HPS ke-39 Tingkat Jawa Barat

BOGORDAILY- Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten berhasil membina kelompok tani (Poktan). Sedikitnya ada tiga Poktan yang berhasil menjuarai lomba pada Hari Pangan Sedunia (HPS) Ke 39 tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Kepala Bidang (Kabid) Distribusi Dan Cadangan Pangan Pada Dinas Ketahanan Pangan Jona Sijabat mengatakan, ketiga Poktan asal Kabupaten berhasil menyabet tiga juara dalam tiga kategori. Yakni kategori pemangku, kategori Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) dan Lembaga Usaha Pangan Maayarakat (LUPM).

Adapun Poktan yang sukses meraih juara di antaranya, Mamur Komara warga Desa Tajurhalang, Kecamatan Cijeruk (Juara 1),  Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) kelompok tani Bagjasari, Desa Cikutamahi Kecamatan Cariu (Juara 2), dan Lembaga Usaha Pangan Masyarakat (LUPM) juga kelompok tani Tanjungrasa Sejahtera, Desa Tanjungrasa, Kecamatan Tanjungsari (Juara 3).

“Dari ketiga kategori tersebut yang berhasil diraih oleh Poktan, harus bersaing dengan kabupaten dan kota se Jabar dan dihadiri secara langsung  Wakil Gubernur (Wagub) Uu Ruzhanul Ulum,” ujarnya saat ditemui  kantornya Kamis (3/10/19).

Jona menambahkan, lomba HPS ke 39  tingkat Jabar berlangsung selama tiga hari, sejak 2 Oktober di Indramayu.

” Acaranya sampai 4 Oktober dengan tema yang diangkat Industrialisasi Pangan Lokal Menuju Ketahanan Jabar Juara 2023,”kata Jona.

Ia pun memastikan kalau dinasnya akan ikut pastisipasi guna membawa nama baik Pemkab . Menurutnya, giat ini juga sekaligus mendukung program untuk kemajuan Bumi Tegar Beriman di bidang pangan.

“Kami harap apa yang sudah didapat oleh para Poktan itu, bisa memacu mereka untuk lebih giat lagi dalam meningkatkan hasil taninya ke depan,” tambahnya. (Endy)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here