Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaAwas, Jangan Percaya dengan Kotak Amal ' Manusia Silver'

Awas, Jangan Percaya dengan Kotak Amal ‘ Manusia Silver’

BOGORDAILY – Banyak cara yang dilakukan oleh segelintir orang untuk mendapatkan perhatian dan uang dengan cara singkat di jalan. Salah satu caranya yakni melumuri sekujur tubuh dengan cat berwarna silver atau yang lebih dikenal disebut manusia silver.

Mungkin bagi pengguna jalan khususnya di Kota Bogor sesekali melihat manusia itu di persimpangan jalan. Mereka kerap terlihat meminta belas kasih pengendara sambil membawa kotak kardus yang bertuliskan sumbangan untuk anak yatim.

Namun nyatanya, sumbangan untuk anak yatim yang tertulis di kardus itu adalah bohong. Hal itu hanya dimanfaatkan mereka untuk mencari perhatian dan uang secara singkat di jalanan.

“Bohong itu. Udah pernah saya amankan,” Kepala Bidang Trantibum Linmas Kota Bogor Sahib Khan, saat dihubungi Okezone, Jumat (22/11/2019).

Dengan berkedok sumbangan anak yatim, lanjut Sahib, di jalan bisa mendapatkan uang minimal Rp 300 ribu perharinya. Modal uang yang dikeluarkan mereka untuk mengecat sekujur tubuh juga cukup besar sekitar Rp 150 ribu sekali beraksi.

“Mereka itu untuk ngecat silver-silver badannya modal cat dan sebagainya bisa sekitar Rp 100 ribu sampai Rp 150 ribu itu, gede juga modalnya sekali pakai. Yang kita pernah tanya mereka rata-rata kalau ramai dapat sehari sekitar Rp 300 ribu,” beber Sahib.

Ia mengaku tidak mengetahui secara pasti jumlah di Kota Bogor. Namun, Sahib memastikan saat ini jumlah mereka terus berkurang.

“Kalau jumlah ya tidak tahu pasti ada berapa. Tapi setahu saya mereka sudah jarang, biasanya kan suka ada tuh di depan Terminal Baranangsiang, sekarang sudah tidak ada gak tahu kemana,” ungkapnya.

Okezone.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here