Friday, 19 April 2024
HomeBeritaBawaslu Provinsi Menyebut Pelanggaran Pemilu 2019 di Wilayahnya Didominasi Oleh Politik Uang

Bawaslu Provinsi Menyebut Pelanggaran Pemilu 2019 di Wilayahnya Didominasi Oleh Politik Uang

BOGORDAILY – Badan Pengawas Pemilihan Umum () Provinsi Jawa Barat menyebutkan pelanggaran Pemilu 2019 di wilayahnya didominasi oleh politik uang. Sedikitnya ada 942 pelanggaran pada Pemilu 2019 di Jawa Barat

Dari 942 pelanggaran, 620 merupakan temuan langsung . Sedangkan sisanya 326 pelanggaran merupakan laporan dari masyarakat atau peserta pemilu.

“Pelanggaran terbanyak itu politik uang yang dilakukan oleh tim pemenangan peserta pemilu,” kata Koordinator Bidang (Kobid) Hukum Data dan Informasi Provinsi Jabar Yusuf Kurniawan seperti dilansir dari Antara, Kamis (5/12).

Dia mengungkapkan dari keseluruhan pelanggaran, ada yang diselesaikan oleh tingkat kabupaten/kota, ada pula yang langsung di tingkat provinsi. Beberapa bahkan berlanjut ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Ada juga yang diproses di Mahkamah Konstitusi. Akan tetapi, semuanya bisa diselesaikan dengan baik,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Kota Bogor Yustinus Elyas Mau menjelaskan bahwa pelanggaran pemilu di Kota Bogor tercatat 13 pelanggaran.

“Dari 13 pelanggaran itu, tiga temuan di antaranya dari Kota Bogor, dan 10 laporan dari masyarakat atau salah satu peserta Pemilu 2019,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here