Sunday, 29 September 2024
HomeKabupaten BogorDaftar Bencana di Tahun 2019 Dari Catatan BPBD Kabupaten Bogor

Daftar Bencana di Tahun 2019 Dari Catatan BPBD Kabupaten Bogor

BOGORDAILY – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor mencatat, dari awal tahun sampai 11 Desember 2019 ada 754 kejadian bencana alam di Bumi Tegar Beriman.

Hal itupun diungkapkan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Yani Hasan, saat simulasi penanggulangan bencana daerah di Lapangan Tegar Beriman.

Ie mengatakan, jenis bencana alam  yang menimpa warga Bumi Tegar Beriman adalah tanah longsor, banjir, angin puting beliung, tenggelam, tersambar petir, kebakaran, kekeringan, pohon tumbang dan gempa bumi.

“Ada 225 kejadian angin puting beliung, 180 kejadian tanah longsor, 48 kejadian banjir dan 330 kejadian lainnya ialah tenggelam, tersambar petir, kebakaran, kekeringan, pohon tumbang dan gempa bumi,” katanya kepada Bogordaily.net, Rabu (18/12/2019).

Dirinya juga menghimbau, kepada masyarakat yang tinggal di dekat aliran air, tebingan agar siap siaga menjelang musim yang masuk penghujan ini

“Di semua desa sudah ada Tagana, ditambah lagi desa siaga bencana, jadi sudah bisa diantisipasi kalau ada bencana,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan, akan mendukung mengenai anggaran untuk waspada bencana yang diprediksi akan terjadi di Bumi Tegar Beriman ini.

“Setelah kemarin evaluasi kita sudah anggarkan, dan ada penambahan, karena bencana ini susah untuk diduga, anggarannya juga harus garis aman,” ucapnya.

Mengenai angka, dirinya menyebutkan untuk anggaran bencana daerah itu dikisaran Rp25 Miliar.

“Tapi ada juga anggaran untuk program dinas, dan ada peningkatan untuk BPBD dan Sosial, kita harus dukung siaga bencana itu di setiap desa, yaitu desa tanggap bencana (Destana),” tukasnya. (Andi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here