Friday, 29 March 2024
HomeBeritaNadiem Meminta Sekolah Untuk Berani Publikasikan Inovasi Penilaian Siswa ke Publik

Nadiem Meminta Sekolah Untuk Berani Publikasikan Inovasi Penilaian Siswa ke Publik

BOGORDAILY – Mendikbud Makarim menyebut saat ini sudah banyak sekolah di Indonesia yang berinovasi dalam cara penilaian dan tes masuk siswa.

Inovasi itu diberlakukan jauh sebelum rencana pergantian format UN dan penilaian yang saat ini digagas Kemendikbud. Oleh karena itu, meminta sekolah-sekolah tersebut menyebarluaskan inovasinya ke media sosial agar bisa menginspirasi sekolah lain.

“Satu hal yang saya minta, kepada semua sekolah-sekolah yang ini, yang sudah melakukan inovasi penilaian, seperti ini berdasarkan portofolio, berdasarkan esai, berdasarkan prestasi dan lain-lain, mohon ramai-ramai keluarkan di social media, keluarkan di Youtube apa yang telah dilakukan guru-guru penggerak Anda,” kata di kompleks Parlemen Senayan, Kamis (12/12/2019) malam.

menyebut sekolah-sekolah yang berani berinovasi itu sedikit ‘nakal' namun masih takut untuk menunjukkan inovasi pada publik lebih luas. Padahal saat ini ia menekankan era Merdeka Belajar, sehingga semua inovasi bisa saja diterima.

“Apa inovasi-inovasi, ujian-ujian, penilaian-penilaian yang telah Anda lakukan di semua sekolah, sekarang saatnya untuk keluar, sekarang saatnya untuk memamerkan inovasi Anda, karena sekarang sudah eranya Merdeka Belajar,” jelasnya.

Selain itu, pada RDP dengan Komisi X juga meluruskan informasi terkait penggantian Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN). Ia mengatakan dua kebijakan tersebut merupakan dua hal berbeda.

“Mohon diklarifikasi bahwa UN dan USBN itu dua hal yang berbeda, itu nggak nyambung sebenarnya. USBN adalah yang sebelumnya itu USBN adalah ujian kelulusan dan UN itu bukan ujian kelulusan, itu ujian nasional. Jadi itu dua hal yang berbeda. Banyak yang mencampur di antara ini dua hal. Jadi mohon diklarifikasi,” kata .

menegaskan USBN tidak akan diberlakukan lagi mulai 2020 dan akan diganti dengan ujian sekolah. Sementara UN yang akan diganti asesmen akan diberlakukan pada 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here