Friday, 14 June 2024
HomeBeritaSetiap 10 Desember Diperingati Hari HAM Internasional

Setiap 10 Desember Diperingati Hari HAM Internasional

BOGORDAILY – Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Internasional diperingati setiap tanggal 10 Desember. Kegiatan ini dilakukan untuk mengingatkan bahwa manusia memiliki hak, kewajiban dan perlakuan yang sama.

Hak Asasi Manusia adalah hak dasar yang dimiliki setiap pribadi manusia sebagai anugerah tuhan yang dibawa sejak lahir. Tidak ada yang boleh merampas hak seseorang.

Berikut fakta-fakta yang dirangkum detikcom:

1. Sejarah

HAM pertama kali dibahas melalui sebuah piagam bernama Magna Carta. Piagam tersebut dikeluarkan pada 15 Juni 1215 di Inggris karena munculnya penindasan terhadap manusia lain.

2. Diperingati Sejak Tahun 1948

Sejarah HAM Internasional diperingati pertama kali pada tahun 1948. Tanggal peringatan tersebut diputuskan dalam sidang majelis Umum PBB dan ikut diperingati oleh banyak negara, termasuk Indonesia.

Pertama kali dibahas, sebanyak 48 negara menyetujui kesepakatan HAM Internasional. Hasilnya, dikeluarkannya Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (UDHR).

3. Tema Peringatan 2019

Peringatan puncak telah dilaksanakan pada 20 November lalu. Dalam acara itu, tema yang diambil adalah ‘Youth Standing Up for Human Rights'.

Tema itu diambil untuk menyoroti kaum muda yang menjadi inspirasi demi masa depan yang lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here