Thursday, 25 April 2024
HomeNasionalViral Floridina Meledak, Kok Bisa? Ini Penjelasannya

Viral Floridina Meledak, Kok Bisa? Ini Penjelasannya

BOGORDAILY – Minuman segar Floridina bikin heboh jagat Maya, gara-gara botolnya meledak dan melukai peminumnya.

Kok bisa?

Ya, baru-baru ini publik tanah air dihebohkan dengan unggahan viral di sosial media facebook, botol minuman Floridina meledak usai disimpan di kulkas.

Insiden botol Flodina meledak ini tak hanya satu, namun ada beberapa pengguna sosial media facebook yang membagikan unggahan yang sama sebagai pengalaman pribadi.

Unggahan tersebut juga mengingatkan untuk tidak menyimpan floridina dalam waktu lama diluar setelah dibuka tutup botolnya.

Salah satu akun, mengunggah berbagai informasi tersebut dalam sebuah unggahan, yang diikuti foto beserta narasi sebagai berikut:

“#JustShare #FloridinaMeledak Jadi buat bunda2 semua kalo beli minuman floridina segera d habiskan saja ya bun.. ,”

“jangan disimpan terlalu lama diluar lemari es klo sudah terlanjur dibuka tutup botolnya…”

“Karna ini yg bahaya. Minuman nya Gga bahaya kok saya jg suka minum floridina apalagi minumnya pas siang2 Kenapa kok bisa meledak???”

“Penjelasannya ada di 2 foto terakhir #SemogaBermanfaat.”

Unggahan netizen berisi pengalaman pribadi Floridina meledak (Capture Facebook Inet B’rubah Jadi Olip)

Product Manager Floridina Devi Chrisnatalia mengatakan, Floridina adalah minuman bersifat asam, sehingga bisa berpotensi untuk meledak.

Namun, hanya terjadi pada botol minuman yang sudah terbuka dan tidak mengikuti anjuran penyimpanan.

“Floridina adalah minuman yang bersifat asam, sehingga ketika tercampur dengan mikroba yang berasal dari mulut manusia, dibiarkan cukup lama di luar lemari es, dan terpapar panas akan terjadi pembentukan gas,” kata Devi kepada Kompas.com, Senin (23/12/2019).

“Pembentukan gas ini akan meningkatkan tekanan di dalam botol yang berpotensi dapat meletus,” lanjut dia.

Devi menjelaskan, saat tekanan di dalam botol sangat tinggi, maka tekanan itu akan mendorong tutup botol dengan keras seperti meledak.

Devi menyebutkan, hal itu umum terjadi pada minuman jenis ini.

“Semakin mungkin terjadi karena Floridina tidak mengandung bahan pengawet yang dapat menghambat reaksi tersebut,” kata Devi.

Devi mengatakan, pihaknya telah memberikan informasi pada kemasan botol Floridina untuk segera menghabiskan minuman dalam waktu 24 jam setelah dibuka.

Jika tidak, minuman yang telah terbuka sebaiknya disimpan di dalam lemari es.

“Pihak kami dalam hal ini selalu berupaya untuk mengedukasi para konsumen untuk segera menghabiskan minuman kemasan RTD (Ready to Drink) ini,” kata Devi.

“Salah satunya melalui informasi pada kemasan berukuran 360 ml, ukuran yang lazim didesain untuk dikonsumsi dalam 24 jam,” imbuhnya.

Ia menegaskan, potensi ledakan botol Floridina hanya terjadi pada botol yang telah terbuka.

“Selama metode penyimpanan yang dilakukan baik dan benar, saya rasa hal ini tidak akan terjadi untuk botol yang belum dibuka,” ujar Devi.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here