Friday, 19 April 2024
HomeBeritaAstaga...Virus Corona Mulai Menjalar ke Timur Tengah

Astaga…Virus Corona Mulai Menjalar ke Timur Tengah

BOGORDAILY – Virus corona telah sampai di Uni Emirat Arab (UAE). Satu keluarga di UAE yang baru tiba dari kota Wuhan, China telah didiagnosa positif terinfeksi virus corona yang tengah mewabah.

Ini merupakan kasus terkonfirmasi virus corona yang pertama di UAE. Dengan kasus ini menjadikan UAE sebagai negara Timur Tengah pertama yang terpapar virus ini.

Belum jelas berapa jumlah orang dalam keluarga tersebut yang terinfeksi virus mematikan coronavirus ini. Kementerian Kesehatan UAE hanya menyatakan bahwa mereka yang terinfeksi virus corona tersebut saat ini dalam kondisi stabil dan terus diobservasi. Demikian disampaikan kementerian seperti dilaporkan kantor berita pemerintah UAE, WAM dan dilansir Reuters, Rabu (29/1/2020).

Kementerian Kesehatan UAE tidak menyebutkan di mana keluarga tersebut dirawat.
Otoritas kesehatan China juga mengumumkan bahwa sejauh ini, 132 orang tewas akibat virus corona dan 5.974 kasus virus corona terkonfirmasi di 31 wilayah di China hingga Selasa (28/1) malam waktu setempat. Otoritas kesehatan China juga menyatakan bahwa mereka tengah memonitor lebih dari 9 ribu kasus suspect (diduga) virus mematikan ini.

Virus corona ini diyakini berasal dari sebuah pasar hewan di kota Wuhan, di mana hewan-hewan eksotik dan daging hewan liar diperdagangkan secara ilegal. Pasar hewan itu telah ditutup dan penyelidikan telah dilakukan otoritas setempat.

Muncul sejak Desember 2019, virus yang memicu gangguan pernapasan ini telah menyebar luas ke sebanyak 31 provinsi, wilayah otonomi dan kotapraja di China. Virus ini juga diketahui telah menyebar hingga ke belasan negara di dunia.

Selain China dan Uni Emirat Arab, negara-negara lain seperti Korea Selatan, Jepang, Hong Kong, Taiwan, Macau, Nepal, Sri Lanka, Amerika Serikat, Kanada, Jerman, Prancis, Australia, Singapura, Malaysia, Filipina, Vietnam, Thailand, dan Kamboja juga telah terpapar virus tersebut.(*/BDN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here