Thursday, 2 May 2024
HomeBeritaBandara Halim Perdanakusuma Dibuka Angkasa Pura II, Tak Ada Kerusakan Akibat Banjir

Bandara Halim Perdanakusuma Dibuka Angkasa Pura II, Tak Ada Kerusakan Akibat Banjir

BOGORDAILY – Bandara Halim Perdanakusuma sudah kembali beroperasi normal untuk melayani penerbangan sipil pada hari ini, Kamis (2/1). Sebelumnya bandara tersebut sempat lumpuh akibat terjangan .

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, menjelaskan dibukanya kembali Bandara Halim Perdanakusuma pada hari ini setelah PT Angkasa Pura II melakukan pengecekan dan memastikan seluruh fasilitas, peralatan, dan runway sudah memenuhi aspek keamanan dan keselamatan penerbangan sehingga laik operasional.

“Adapun kondisi runway saat ini sudah tidak terdapat genangan air dapat digunakan penuh dengan dimensi 3.000 x 45 meter. Struktur kekerasan dan kekesatan runway masih memenuhi standar dan tidak ada kerusakan akibat genangan air,” kata dia melalui keterangan resminya, Kamis (2/1).

Selain itu, dia mengungkapkan tidak terdapat kerusakan lampu runway dan taxiway sehingga dapat digunakan dengan baik. “PT Angkasa Pura II juga telah melakukan pengecekan dan pembersihan serpihan benda asing (foreign object debris/FOD) akibat material terbawa air,” ujarnya.

Kemarin, 1 Januari 2020, Bandara Halim Perdanakusuma sempat ditutup demi keamanan dan keselamatan penerbangan karena terdapat genangan air di runway. Selama Halim Perdanakusuma ditutup, seluruh penerbangan dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta.

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul penerbangan di Halim Perdanakusuma sempat dipindahkan ke Soekarno-Hatta. Pengalihan penerbangan berjalan lancar, dan pada hari ini Halim Perdanakusuma sudah kembali beroperasi normal,” ujarnya.

Dapat diinformasikan bahwa maskapai berjadwal yang beroperasi di Bandara Halim Perdanakusuma adalah Wings Air, Batik Air dan Citilink untuk sejumlah rute penerbangan. PT Angkasa Pura II mengimbau kepada penumpang pesawat agar memperhatikan informasi yang diberikan maskapai terkait penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma.

Penerbangan Batal karena Bandara Halim , Penumpang Bisa Refund Tiket 100 Persen

Beberapa penumpang pesawat yang dijadwalkan berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma akhirnya membatalkan penerbangannya. Ini sebagai dampak dari banjirnya landasan pacu bandara tersebut.

Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma, Nandang Sukarna mengatakan, bagi penumpang yang sudah hadir atau datang ke bandara Halim Perdanakusuma dan ingin membatalkan penerbangannya, maka uang tiket dikembalikan 100 persen dari harga pembelian.

“Kita sudah berkoordinasi dengan para travel baik Batik Air maupun Citilink itu sudah setuju diberikan kompensasi 100 persen pengembalian pembelian tiketnya, dan kemudian penawaran kedua dengan reschedule itu masih diberikan apabila seat masih tersedia,” ucap Nandang di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (1/1).

Nandang mengatakan, sekarang air di landasan pacu bandara sudah mulai surut, namun dikarenakan masih ada sisi yang masih menggenang di landasan kurang lebih 10 meter. Penerbangan belum bisa dilakukan.

“Kondisi ini masih kita tetap buatkan berita acaranya, sebenarnya sejak pukul 15.00 WIB tadi sebetulnya sudah bisa digunakan, namun ini menyangkut keselamatan penerbangan itu masih kami perhitungkan,” sambungnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here