Thursday, 2 May 2024
HomeBeritaDi Wilayah Ini 2 Bibit Siklon Tropis Terdeteksi, Berdampak Hujan-Angin Kencang

Di Wilayah Ini 2 Bibit Siklon Tropis Terdeteksi, Berdampak Hujan-Angin Kencang

BOGORDAILY – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi keberadaan dua  yaitu “91S” di Samudera Hindia sebelah selatan Nusa Tenggara Timur dan “92S” di Laut Arafuru sebelah selatan Tual. Kemunculan dua bibit siklon ini disebut akan mempengaruhi kondisi cuaca ke depannya.

“Posisi kedua ini berada dekat dengan wilayah Indonesia dan memberikan dampak terhadap kondisi cuaca maupun gelombang laut. “91S” di Samudera Hindia lebih berpotensi meningkat menjadi siklon tropis dibandingkan “92S” di Laut Arafura,” kata Deputi Bidang Meteorologi R. Mulyono Rahadi Prabowo melalui keterangan tertulis, Minggu (5/1/2020).

Adanya bibit ini, menurut Mulyono, akan memunculkan terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Hal tersebut terjadi di berbagai wilayah, khususnya Bali dan Nusa Tenggara.

ini memberikan dampak yaitu munculnya hujan intensitas sedang hingga lebat dan angin kencang khususnya di wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Kondisi perairan pun terdampak akibat ini berupa gelombang laut dengan tinggi 2.5 – 4.0 meter di Perairan Selatan Jawa Tengah hingga Selatan NTB, Samudera Hindia Selatan Pulau Jawa hingga Selatan NTB, Perairan Selatan Pulau Sumba, Laut Sawu, Perairan Pulau Sabu dan Pulau Rote, Perairan Utara NTT, Laut Flores, Perairan Kepulauan Kai-Aru,” sambungnya.

Mulyono menyampaikan, kondisi “91S” dapat saja berubah menjadi siklon tropis dalam beberapa hari ke depan. Dia mengatakan, keberadaan siklon tropis akan mampu memmpengaruhi tingkat curah hujan dan kecepatan angin.

“91S” dalam satu hingga dua hari ke depan berpotensi tinggi menjadi siklon tropis namun bergerak selatan hingga barat daya semakin menjauhi wilayah Indonesia. “Musim siklon tropis” di wilayah sebelah selatan Indonesia biasanya terjadi pada bulan November-April. Bersamaan dengan periode musim hujan di Indonesia sehingga keberadaanya siklon tropis dapat meningkatkan intensitas curah hujan dan kecepatan angin,” ungkap Mulyono.

BMKG melalui website resminya juga telah mengeluarkan rilis yang menunjukkan adanya potensi cuaca ekstrem dan curah hujan dengan intensitas lebat per tanggal 5 hingga 12 Januari 2020. Hal tersebut terjadi diberbagai wilayah di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here