Thursday, 28 March 2024
HomeKabupaten BogorDinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor Akan Melakukan Program Restorasi atau...

Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor Akan Melakukan Program Restorasi atau Pemulihan Dokumen Pasca Bencana Banjir dan Longsor

BOGORDAILY – Musibah bencana alam yang terjadi pada 1 Januari 2020 mengakibatkan tanah longsor dan banjir di beberapa daerah wilayah Kabupaten Bogor, hal itu tentu mengakibatkan banyaknya kerugian materil baik fisik maupun korban jiwa.

Oleh karenanya, Pemerintah Kabupaten Bogor melalui dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor, akan melakukan program Restorasi atau pemulihan dokumen fisik keluarga atau sekolah dan desa yang terdampak bencana longsor dan banjir.

Untuk sekedar diketahui Restorasi Arsip adalah suatu tindakan dan prosedur yang dilalui dalam proses merehabilitasi atau memperkuat kondisi fisik arsip/dokumen yang mengalami kerusakan (deteriorate) atau mengalami penurunan kualitas secara fisik.

Tentu dengan adanya Restorasi Arsip ini bisa melindungi data kearsipan dari bentuk fisik, yang sudah hancur diterjang oleh bencana banjir dan longsor pada Minggu lalu ini.

Pihak dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor juga meminta masyarakat dan seluruh desa atau kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor, yang terkena dampak bencana alam longsor dan banjir, agar dikumpulkan bentuk fisiknya.

Dan memohon kepada masyarakat meminta bantuannya, untuk dapat menginventarisasi arsip atau dokumen yang telah rusak akibat musibah bencana alam di Kabupaten Bogor.

Jika masyarakat ingin dokumennya diselamatkan pasca bencana longsor dan banjir yang terjadi pada awal tahun 2020 ini, untuk lebih jelasnya bisa langsung datang ke dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor, yang berlokasi di Komplek Pemerintah Kabupaten Bogor, Kelurahan Tengan, Kecamatan Cibinong.

dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor juga menyarankan, agar masyatakat jangan panik ketika dokumennya rusak akibat terjangan banjir dan longsor, seperti Ijazah, akte nikah, sertifikat tanah, akta jual beli, kartu keluarga, surat kendaraan roda dua maupun empat dan yang lainnya.

Hal itu bisa diatasi oleh dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor, dengan cara melakukan layanan Restorasi Arsip atau dokumen secara gratis, hanya melampirkan bukti identitas diri dan dokumen asli yang ingin di Restorasi.

Kepala dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor, Lutfi Syam mengatakan, dengan kegiatan Restorasi saat ini dapat membantu dan di maanfaatkan oleh masyarakat Bogor yang terkena musibah banjir dan longsor untuk memperbaiki arsip keluarganya yang terkena banjir dan longsor untuk diperbaiki. Meskipun saat ini pihaknya masih terfokus kepada bencana alam yang terjadi di Kabupaten Bogor, akan tetapi kedepan masyarakat Kabupaten Bogor juga dapat melakukan Restorasi Arsip keluarga.

“Walaupun saat ini kita fokus kepada bencana dulu, tapi kedepan kita juga perlu nanti untuk melakukan arsip yang rusak dengan cara Restorasi Arsip, tapi yang mengalami kerusakan kita kedepannya akan melakukan pelayanan, untuk saat ini kita fokus kepada penanganan bencana dalam penyelamatan arsip,” singkatnya. (Andi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here