Thursday, 2 May 2024
HomeBeritaIndonesia Siap Bantu Australia Soal Kebakaran Hutan

Indonesia Siap Bantu Australia Soal Kebakaran Hutan

BOGORDAILY – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno LP Marsudi bertemu dengan Kuasa Usaha Kedubes Australia. Retno memastikan Indonesia siap membantu mengatasi  dan lahan di Australia jika diminta.

Dilihat detikcom di akun Twitter @Menlu_RI, Selasa (7/1/2020), pertemuan itu digelar di Kemenlu pada Senin (6/1). Retno menyampaikan duka cinta mendalam atas kebakaran hebat di Australia.

“Received the Charge d'Affaires of the Australian Embassy at MOFA this afternoon. Conveyed Indonesia's deepest condolences and sympathies on the on-going bushfires that has swept across Australia (06/01),” tulis Retno.

Dia menyebut Indonesia siap membantu jika diminta. Menurutnya, Australia merupakan negara sahabat.

“Indonesia stands ready to assist in this time of need. A friend in need is a friend indeed,” ucapnya.

Sebelumnya, lahan seluas nyaris 5 juta hektare di New South Wales, Australia, telah dihanguskan dan lebih dari 1,2 juta hektare lahan di Victoria dilanda sejak September tahun lalu. Total lahan yang dilanda mencapai 8 juta hektare, yang ukurannya sama besar dengan Pulau Irlandia atau negara bagian South Carolina di AS.

Sejauh ini, sedikitnya 24 orang tewas akibat di Australia, dengan lebih dari 1.800 rumah warga rusak. Korban tewas terdiri atas 18 orang yang tewas di New South Wales, tiga orang tewas di Victoria dan tiga orang tewas di Australia Selatan

Dua orang dilaporkan masih hilang di New South Wales, yang merupakan negara bagian paling padat penduduknya di Australia.

Received the Charge d'Affaires of the Australian Embassy at MOFA this afternoon. Conveyed Indonesia's deepest condolences and sympathies on the on-going bushfires that has swept across Australia (06/01)

View image on Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here