Monday, 13 May 2024
HomeBeritaJokowi Minta Pengembangan Alutsista Serba Digital

Jokowi Minta Pengembangan Alutsista Serba Digital

BOGORDAILY – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali bicara mengenai perkembangan teknologi militer. Jokowi meminta pengembangan alutsista lebih menyesuaikan dengan perkembangan teknologi.
“Saya minta pengembangan alutsista kita mampu menyerap dan adopsi pengembangan militer terkini yang serba digital. Ini memerlukan lompatan tetapi saya yakin dengan BUMN kita berpartner dengan perusahaan luar yang sudah memiliki reputasi ini,” ujar Jokowi saat rapat terbatas di PT PAL, Surabaya, Jawa Timur, Senin (27/1/2020).
Rapat dihadiri sejumlah menteri antara lain Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menko Politik Hukum dan Keamanan Mahfud Md, Menko PMK Muhadjir Effendy, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.
Hadir pula Menkominfo Johnny G Plate, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan A Djalil, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, hingga Kapolri Jenderal Idham Azis.
Jokowi meminta jajarannya untuk mengantisipasi perkembangan teknologi dalam beberapa puluh tahun ke depan. Menurut dia, perkembangan sistem senjata ke depan akan lebih otonom.
“Saya kira akan lebih cepat mengadopsi perkembangan teknologi militer terkini dan kita betul-betul harus mampu mengatasi lompatan teknologi militer dalam jangka waktu 20, 30, 50 tahun ke depan dan mampu memahami menguasai teknologi automatisasi, teknologi sensor yang mengarah pada pengindraan jarak jauh serta teknologi IT seperti 5G, komputasi kuantum yang mengarah pada perkembangan sistem senjata yang otonom serta pertahanan siber,” ujar dia.(*/BDN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here