Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaKarang Taruna Kabupaten Bogor Terus Salurkan Bantuan ke Bogor Barat

Karang Taruna Kabupaten Bogor Terus Salurkan Bantuan ke Bogor Barat

BOGORDAILY- Bencana banjir dan longsor yang terjadi pada Rabu (1/1/2020) di empat kecamatan Kabupaten Bogor Barat yaitu, Kecamatan Nanggung, Jasinga, Cigudeg dan Sukajaya, menggugah Karang Taruna Kabupaten Bogor.

Hal itupun membuat Karang Taruna Kabupaten Bogor yang merupakan organisasi sosial dan terus berkomitmen untuk dapat selalu berkontribusi terhadap kegiatan sosial itu, dan sudah memberikan bantuan kepada para korban bencana di Bogor Barat.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Bogor, Irfan Darajat, mengatakan, bahwa organisasi yang dipimpinnya itu sudah melakukan berbagai hal dari mulai membantu korban bencana menyalurkan logistik dan yang lainnya.

“Sejak tanggal 2 januari 2020 sampai sekarang, pengurus dan anggota Karang Taruna Kabupaten Bogor dari berbagai kecamatan dan desa desa bahu, mambahu mengirimkan bantuan logistik berupa makanan, pakaian, tenda , dan kebutuhan lainnya, hal itu untuk meringankan beban para korban bencana disekitar Kecamatan Sukajaya, Nanggung, Cigudeg dan Jasinga,” katanya kepada Bogordaily.net, Minggu (26/1/2020).

 

Bantuan bantuan itupun lanjut Irfan sapaan akrabnya, langsung di distribusikan ke tiga posko utama tanggap bencana yang didirikan oleh Karang Taruna Kabupaten Bogor di sekitaran lokasi dekat bencana “Bantuan tersebut diharapkan dapat membantu meringankan beban warga yang terdampak bencana, terutama dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari hari di lokasi pengungsian,” ungkapnya.

Tidak hanya itu saja, dalam tanggap darurat kebencanaan di kabupaten bogor ini juga, Karang Taruna aktif mendistribusikan bantuan logistik ke lokasi lokasi yang memang sulit dijangkau oleh kendaraan roda empat.

“Sulitnya medan dan rusaknya beberapa ruas jalan menuju lokasi bencana sangat menyulitkan para relawan mengirim bantuan, maka kami bekerja sama dengan komunitas motor trail sejabotabek berjuang membuka jalan untuk menyalurkan logistik dari posko posko utama agar bias sampai ke lokasi terdampak,” jelasnya.

Ia menjelaskan, untuk saat ini Karang Taruna Kabupaten Bogor fokus kepada daerah yang terdampak cukup parah yaitu fi Desa Cisarua, Kecamatan Sukajaya.

Hal itupun dikarenakan mengakibatkan hampir 30 rumah warga rusak parah. Sehingga memaksakan 257 jiwa mengungsi ke kantor desa setempat, dimana diantaranya terdapat 63 orang balita, 2 ibu dalam keadaan hamil.

Karang Taruna kabupaten Bogor juga turut memberikan bantuan berupa satu unit genset listrik untuk penerangan, makanan siap saji, beras,sembako, pakaian dan lain lain. Bantuan lainnya berupa program recoveri dengan membantu pengadaan MCK di lokasi pengungsian, kegiatan psikososial trauma healing untuk korban, dan juga membantu penanamaan ribuan pohon di lokasi longsor.

“Tentu saja kami tidak akan berhenti sampai disini, semampu dan sebisa mungkin kami akan terus membantu meringankan beban para korban hingga keadaan dan situasi kembali normal,” tukasnya. (Andi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here