Tuesday, 7 May 2024
HomeKabupaten BogorMenko PMK Tinjau Lokasi Longsor di Kecamatan Sukajaya

Menko PMK Tinjau Lokasi Longsor di Kecamatan Sukajaya

BOGORDAILY – Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Efendi, mengunjungi lokasi bencana longsor di Desa Pasir Madang, Kecamatan , Kabupaten Bogor.

Ia mengatakan, kunjungan hari ini Sabtu (4/1/2020), adalah kunjungan kedua setelah tadi pagi melakukan pengecekan di lokasi banjir bandang, Cipanas, Lebak, Banten.

“Kunjungan hari ini untuk sasaran kedua, saya tadi sudah berkunjung ke Kabupaten Lebak, kemudian sekarang Kabupaten Bogor di Kecamatan ,” ujarnya, kepada Bogordaily dilokasi bencana Kecamatan .

Dirinyapun sudah melakukan pemantauan ketika di Helikopter, bahwa kerusakannya atau longsor yang menerjang Kecamatan ini sangat parah, walaupun kondisinya tidak separah bencana di Lebak Banten.

“Mudah-mudahan bisa segera diatasi. Ini saya lihat penyelesaiannya harus jangka panjang, terutama penghijauan, kemudian harus relokasi penduduk. Karena daerahnya saya kira ini tidak mungkin diintervensi dengan apapun untuk mencegah longsor susulan,” kata Muhadjir.

Ia menjelaskan, untuk jangka panjang harus ada reboisasi besar-besaran, terutama menanam tanaman-tanaman keras yang punya akar kuat dan bisa menahan longsor juga bisa menahan air, sehingga air tidak langsung hanyut.

“Saya tadi lihat dari atas, longsor-longsor diakibatkan penggunaan lahan, penggunaan tanah yang semena-mena oleh kita. Ini kerusakannya sangat parah, saya minta Pemkab Bogor harus bisa menangani dengan sungguh-sungguh,” tukasnya. (Andi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here