Thursday, 2 May 2024
HomeBeritaMUI Desak Pemerintah Kaji Ulang Hubungan dengan China

MUI Desak Pemerintah Kaji Ulang Hubungan dengan China

BOGORDAILY – China melanggar Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di Perairan Natuna. Majelis Ulama Indonesia () merasa kecewa dengan sikap China dan mendesak pemerintah untuk mengkaji ulang hubungan dengan China.

meminta dan mendesak pemerintah Indonesia untuk mengkaji kembali dengan serius tentang hubungan antara Tiongkok dan Indonesia serta dampaknya terhadap kedaulatan politik dan ekonomi bangsa Indonesia,” kata Sekretaris Jenderal  Anwar Abbas dalam keterangan tertulisnya, Senin (7/1/2020).

Kekecewaan yang pertama adalah terkait isu tenaga kerja asing dari China. Menurut , China berinvestasi namun tanpa mempekerjaan orang-orang Indonesia.

“Kekecewaan ini semakin bertambah-tambah dan sangat menyakitkan hati setelah pemerintah Tiongkok mengklaim perairan Natuna sebagai bagian dari wilayah mereka,” kata Anwar.

menilai China hanya mementingkan kepentingan mereka sendiri. Padahal, prinsip saling menghormati dan saling menguntungkan harus dijaga dalam hubungan baik kedua negara. mendesak Indonesia mengkaji kembali hubungan bilateral kedua negara karena China mengabaikan prinsip-prinsip itu dan merugikan Indonesia.

mendesak pemerintah agar bersikap jelas dan tegas terhadap pemerintah dan para investor dari Tiongkok agar kedaulatan kita sebagai bangsa mereka akui dan hargai. Sebab, kalau tidak dan apalagi terkesan oleh mereka kita lembek dan sangat tergantung kepada mereka, maka ke depan tentu pasti mereka akan lebih bersimaharajalela lagi di negeri ini dan itu jelas sangat-sangat tidak kita inginkan,” tutur Anwar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here