Wednesday, 22 May 2024
HomeKabupaten BogorPMII Kota Bogor Bantu Korban Bencana di Cisarua Nanggung

PMII Kota Bogor Bantu Korban Bencana di Cisarua Nanggung

BOGORDAILY – Disaat awan mendung diselimuti kabut yang tengah menutupi kawasan Taman Nasional Gunung Salak Halimun (TNGHS), tepatnya di Desa Cisarua, Kecamatan Nanggung, delapan kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Bogor, menerobos terjalnya jalan perbukitan yang licin.

Semua dilakukan para aktivis mahasiswa tersebut, demi memberikan bantuan kepada ratusan kepala keluarga (KK) yang mengungsi, lantaran telah kehilangan tempat tinggal.

Rumah yang telah mereka tempati secara turun temurun, habis disapu material longsoran tanah.

Pemandangan memilukan mulai dirasakan para mahasiswa Kota itu ketika memasuki kawasan Nanggung. Mulai dari sisa-sisa longsoran yang masih sangat nampak di sisi jalan, hingga harus menerobos jalan lintasan yang baru dibuka warga, lantaran jalan utama telah hilang terbawa longsor.

Ditemani gerimis , para kader PMII yang terdiri dari Universitas Ibn Khaldun dan Universitas Nusa Bangsa (UNB) tersebut, terlihat kompak bahu-membahu bersama warga menurunkan bantuan berupa sembako, obat-obatan, susu, pampers hingga pembalut wanita, ketika tiba di Posko PAC Ansor Kecamatan Nanggung.

“Kami sengaja mengedrop bantuan di posko Ansor, karena lokasi rumah warga masih terisolir dan hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki,” kata Ketua Cabang PMII Kota Bogor, Hamzah, saat ditemui disela-sela menurunkan bantuan untuk warga, Senin (6/1/2020).

Menurutnya, masyarakat di Kampung Nyungcung, Desa Cisarua, sangat membutuhkan bantuan dari pemerintah. Terutama untuk membuka akses jalan agar para pengungsi bisa mudah mendapatkan bantuan.

“Bantuan ini kami galang dari para donatur di Kota Bogor, dengan cara mengecrek di pinggir Jalan KH Sholeh Iskandar,” bebernya.

Melihat bantuan yang diberikan para aktivis dari Kota Bogor, masyarakat sekitar pun terlihat bahagia. Salah satu warga sekitar, H. Mulih mengucapkan terimakasihnya kepada kader PMII Kota Bogor.

“Bantuan seperti ini memang sangat dibutuhkan warga. Karena, banyak warga yang sudah kehilangan harta benda, bahkan nyawa waktu musibah kemarin,” ucapnya.

Pengusaha rumah potong ayam itu berharap, agar pemerintah daerah hingga pusat bisa segera membuka kembali akses jalan ke Kampung Nyungcung dan memperbaiki rumah warga yang hancur karena longsor.

“Kami saat ini hanya punya semangat untuk terus hidup, dan saya ucapkan terimakasih kepada seluruh relawan maupun pemerintah yang telah mengirimkan bantuan bagi warga disini,” tutupnya. (Andi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here