Monday, 13 May 2024
HomeBeritaSudah Hampir 2 Minggu, Karhutla di Pulau Rupat Riau Belum Bisa Dipadamkan

Sudah Hampir 2 Minggu, Karhutla di Pulau Rupat Riau Belum Bisa Dipadamkan

BOGORDAILY – Kebakaran hutan dan lahan () di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau, belum padam. Petugas sudah hampir dua minggu melakukan pemadaman di lokasi.

“Iya nih, saya sudah 11 hari ini berada di Pulau Rupat. Kita melaksanakan pemadaman sekaligus patroli terkait ,” kata Kapolres Bengkalis AKBP Sigit Adiwuryanto dalam perbincangan dengan detikcom, Senin (27/1/2020).

Sigit mengatakan sudah sejak 11 hari yang lalu meninggalkan Mapolres karena ikut memadamkan di Pulau Rupat. Kehadirannya di Pulau Rupat dalam mengantisipasi terjadinya .

“Memang ada lokasi yang terbakar, namun sudah bisa kita padamkan. Walau demikian, asap masih terlihat karena lokasi yang terbakar kawasan gambut. Kita duga bara api masih ada di bawah permukaan,” kata Sigit.
Hampir 2 Minggu, Karhutla di Pulau Rupat Riau Belum Padam

Dalam penanganan  ini, Polres Bengkalis juga dibantu TNI setempat, Manggala Agni, dan BPBD. Selain itu, ada 40 personel dari perusahaan PT Sumatera Riang Lestari (SRL) perusahaan bergerak bidang hutan tanaman industri.

“Walau api tidak terlihat di permukaan, upaya pendinginan terus dilakukan. Kita juga berpatroli di sekitar Pulau Rupat. Jadi kalau ada kemunculan titik api karena angin kencang, kita langsung melakukan pemadaman,” kata Sigit.Pemadaman di lokasi dilakukan menggunakan mesin semprot air. Personel dari PT SRL yang turut membantu malah membuat kemah di lokasi kebakaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here