Wednesday, 1 May 2024
HomeBeritaTerkait Gempa M 5,0 di Garut Ini Analisis BMKG

Terkait Gempa M 5,0 di Garut Ini Analisis BMKG

BOGORDAILY – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memutakhirkan informasi  magnitudo (M) 5,1 di Kabupaten Garut, Jawa Barat menjadi magnitudo 5,0. tersebut terjadi karena adanya aktivitas subduksi.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, bumi yang terjadi merupakan jenis bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault),” kata Kepala Pusat Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono melalui keterangan tertulis, Senin (6/1/2020).

Getaran yang terjadi pada pukul 06.12 WIB wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa ini, menurutnya, terasa hingga Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bandung. Rahmat menyebut, magnitudo 5,1 ini tidak berpotensi tsunami.

“Guncangan bumi ini dirasakan di daerah Kabupaten Sukabumi dan Pelabuhan Ratu III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu, Kabupaten Bandung II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat bumi tersebut,” tuturnya.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” sambung Rahmat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here