Sunday, 12 May 2024
HomeKota BogorEndang Setyawati Thohari Bangga jadi Tetangga Greg Hambali

Endang Setyawati Thohari Bangga jadi Tetangga Greg Hambali

BOGORDAILY – Anggota Komisi IV Fraksi Gerindra DPR RI Dr.Ir.Hj. Endang Setyawati Thohari, DESS., M.Sc., merasa kagum dengan beragam koleksi yang dipamerkan di kediaman Gregori Garnadi Hambali, atau yang lebih dikenal dengan , di Perumahan Baranangsiang Indah, Kota Bogor.

Menurut Hj. Endang, selain menampung Aspirasi langsung dari Masyarakat Hj. Endang juga langsung bertemu dengan pawang nya yaitu Bpk Grek Hambali, yang merupakan peneliti handal serta menguasai pasar luar negeri untuk .

“Pak Greg adalah tetangga dan teman baik saya, sejak tahun 1983. Kami tinggal satu kompleks di Baranangsiang Indah,” kata Hj.Endang, disela sela kegiatan pameran , dihelat di kediaman yang tidak jauh dengan rumah saya tutur Hj.Endang Sabtu (22/2/20).

Diceritakan Hj.Endang, pada 2006, Aglaonema jenis Harlequin hasil silangan , mampu terjual seharga Rp 660 juta lewat proses lelang. Lelang itu menjadi lelang termahal dalam sejarah tanaman Aglaonema.

Keahlian mengawinkan tanaman, kata Hj.Endang, merupakan buah kecintaan Greg terhadap alam. Sejak kecil Greg memang sangat mencintai alam.

“Waktu masih kecil, ia punya hobi mengutak-atik tanaman. Pada saat duduk di kelas 4 SD, Greg bahkan memelihara lebah,” tutur Hj. Endang.

Ketertarikan pada alam saat itu, bukanlah turunan dari orang tua. Karena ayah Greg adalah seorang montir elektro. Sedangkan sang ibu, merupakan ibu rumah tangga.

Diceritakan keseriusan Greg di dunia tanaman menarik perhatian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), yang kemudian merekrutnya sebagai pegawai.

“Banyak sekali peneliti yang tinggal di perumahan Baranangsiang Indah. Sebaiknya Pemkot Bogor, bisa mengambil manfaat dari para pakar yang tinggal di sini,” kata Hj.Endang. (bdn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here