Thursday, 16 May 2024
HomeKota BogorBeginilah Suasana Siraman Rohani di Lapas Paledang

Beginilah Suasana Siraman Rohani di Lapas Paledang

BOGOR DAILY – Tak hanya menggelar olahraga rutin, di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Paledang Bogor para narapidananya juga diberikan siraman rohani.  Setiap hari, ada pengajian rutin yang biasanya dimulai pukul 9:00 WIB sampai selesai di Aula Graha Sahardjo, Kelas IIA Bogor.

Pantauan Bogordaily.net di lokasi, sebanyak 792 warga binaan laki-laki dan perempuan mengikuti  acara pengajian rutin atau siraman rohani. Meski digelar setiap hari, namun napi yang mengikutinya akan digilir.

Sebelum  siraman rohani dimulai, para napi harus terlebih dahulu melakukan absensi dengan menggunakan teknologi fingerprint yang sudah disediakan lapas.  Begitu smapai di aula, ada sebagian napi yang langsung melaksanakan shalat dhuha. Mereka juga tampak itu khusyuk saat pengajian dimulai.

Di aula itu, napi perempuan dan laki-laki dipisah dengan menggunakan triplek kayu. Tujuannya, untuk lebih khusyu lagi dalam melaksanakan siraman rohani tersebut.

Kepala Keamanan di Lapas II Paledang Bogor, Rachmad, mengatakan, kegiatan pengajian dan siraman rohani yang dilakukan itupun turut didatangkan ustadz nya dari luar lapas yang sudah berkordinasi dengan yayasan Dompet Dhuafa.

“Kalau napi laki-laki yang berada di aula blok santri kita sering menggelar lomba adzan,” katanya. Kamis (27/2/2020).

Ia menjelaskan, semua napi yang ada di Lapas Kelas IIA Paledang Bogor itupun bermacam macam kasusnya, dari mulai hukum kriminal, narkoba, dan tindak pidana umum lainnya (Pidum).

“Kalau yang napi perempuan hampir kebanyakan kriminal dan pidum,” tukasnya. (Andi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here