Monday, 17 June 2024
HomeBeritaDi Kemdikbud Para Perempuan dengan Bekas Telapak Merah di Mulut Demo

Di Kemdikbud Para Perempuan dengan Bekas Telapak Merah di Mulut Demo

BOGORDAILY – Gerakan Perempuan Anti Kekerasan (Gerak Perempuan) menggelar aksi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (). Aksi tersebut digelar dalam rangka menuntut untuk menindak tegas pelaku kekerasan seksual di lingkungan kampus.

Aksi digelar di depan Gedung A , Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Jakarta Pusat, Senin (10/2/2020). Pantauan detikcom di lokasi, tampak puluhan orang berbaju putih melakukan aksi diam. Gambar bekas telapak tangan berwarna merah juga terlihat di mulut mereka.

Tampak juga mereka memegang spanduk bertuliskan ‘Merdeka Itu Bebas dari Kekerasan Seksual', ‘Berantas Kekerasan Seksual Pasti Ada Jalan', ‘Bunga korban pelecehan di kampus diancam DO. Rektor UNP harus minta maaf'.

Koordinator Aksi Gerak Perempuan, Beng menyebut aksi ini dilatarbelakangi masih adanya kasus kekerasan seksual di lingkungan kampus. Salah satunya, kasus yang menimpa mahasiswa bernama Bunga di Universitas Negeri Padang (UNP). Menurut Beng, Bunga yang adalah korban tidak mendapat keadilan yang tegas.

“Kita itu ngelakuin aksi ini salah satunya karena kita ingin Kemendikbud segera mengambil tindakan tegas terkait dalah satu kasus yang baru terjadi, seperti kasus Bunga di Padang. Mereka akan memecat pelaku atau dosennya tapi masih menunggu keputusan Kemendikbud. Ada ancaman kalau Bunganya yang akan di drop out. Itu salah satu tuntutan utama,” kata Beng.

“Salah satunya lagi kita ingin kasus kekerasan seksual di kampus punya aturan yang tegas. Jadi memang ada aturan yg mengatur itu,” sambung dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here