Friday, 29 March 2024
HomeTravellingDilema Mau Kerja Kantoran atau Wirausaha? Yuk Baca Dulu!

Dilema Mau Kerja Kantoran atau Wirausaha? Yuk Baca Dulu!

BOGORDAILY – Menjadi seorang wirausahawan atau kerja kantoran sebagai karyawan merupakan pilihan hidup setiap orang. Untuk menjadi keduanya pun dibutuhkan perjuangan yang tidak mudah.

Jika anda orang yang menyukai tantangan dan ingin menjadi pemimpin bagi diri anda sendiri, mungkin pekerjaan wirausahawan akan sesuai. Banyak alasan yang membuat orang akhirnya memilih untuk menjadi seorang wirausahawan ketimbang seorang karyawan.

Dengan melansir buku ‘Mulai Usaha Dari Nol' karya Jackie Ambadar, Miranty Abidin dan Yanty Isa, berikut Okezone rangkum perbedaan wirausahawan dengan seorang karyawan.

Seorang karyawan umumnya memiliki pola rutin bangun pagi hari – bekerja – pulang – bayar tagihan. Hal ini kemudian menuai kesimpulan bahwa bekerja hanya akan memenuhi ritme solusi jangka pendek untuk bertahan hidup. Sedangkan untuk jangka panjang adalah dengan membangun sendiri untuk mencapai kemakmuran.

Bila dibandingkan, seorang kerja kantoran adalah orang yang mencari rasa aman, sedang pengusaha atau adalah mereka yang mencari peluang atau masa depan yang lebih baik.

Seorang wirausahawan juga lebih memiliki banyak waktu luang dan bebas, sehingga bebas mengatur jam kerja. Kebebasan mengatur waktu sendiri kemudian menjadi salah satu motivasi utama seseorang ingin berwirausaha. Namun jelas berbeda, seorang karyawan akan bertahan di bawah perintah dan tekanan orang lain.

Dengan berwirausaha, anda juga dapat bebas mengaplikasikan ide atau ilmu yang dimiliki dengan lebih leluasa. Maka dari itu dianggap sebagai wadah untuk mengaktualisasikan pemikiran dan gagasan kreatif sebebas-bebasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here