Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaHaaland Dua Gol, Dortmund Berhasil Tundukkan PSG 2-1

Haaland Dua Gol, Dortmund Berhasil Tundukkan PSG 2-1

BOGORDAILY – Satu kaki Borussia Dortmund sudah menapaki perempatfinal  2019/20. Hal itu setelah mereka mengalahkan Paris Saint-Germain 2-1 di leg pertama 16 besar.

Di Signal Iduna Park, Rabu (19/2) dini hari WIB, Erling Haaland menjadi bintang kemenangan tim asuhan Lucien Favre itu. Golnya di menit ke 69 dan 77 hanya bisa dibalas sekali oleh PSG lewat Neymar (75′).

Hasil ini membuat Dortmund hanya butuh hasil imbang pada leg kedua di Paris untuk lolos ke delapan besar. Sedangkan PSG harus menang dengan selisih dua gol jika ingin terus melaju ke babak berikutnya.

Jalannya pertandingan

Tuan rumah mencoba mengambil inisiatif menyerang. Namun PSG yang mendapat peluang pertama. Neymar mengancam lewat tendangan bebasnya pada menit ke-11, namun masih menyamping tipis di sisi kanan gawang Roman Buerki.

Semenit kemudian, barulah Dortmund mendapat kans, tepatnya melalui Raphael Guerreiro. Meski begitu, tembakan jarak jauhnya masih belum tepat sasaran.

Masih buru-burunya para penyerang Dortmund dalam hal finishing kembali terlihat di menit ke-14. Lewat serangan balik, Jadon Sancho sebetulnya berpeluang membuka keunggulan untuk Dortmund, namun tembakannya juga melenceng dari gawang.

Tampil di depan pendukungnya, Dortmund terus menekan pertahanan PSG. Sancho kembali nyaris mencetak gol di menit ke-27, andai saja Keylor Navas tak tampil gemilang menepis tendangannya.

Pada menit ke-35, giliran Erling Haaland yang mendapat kesempatan, namun sepakan kaki kirinya juga melebar.

Sementara itu, PSG tak tampil lebih baik di babak pertama. Trio Neymar-Kylian Mbappe-Angel Di Maria justru kesulitan untuk masuk ke kotak penalti Dortmund. Skor 0-0 pun menutup paruh pertama.

Di babak kedua, Dortmund masih berusaha memegang kendali permainan. Meksi begitu, mereka tetap kesulitan menemukan celah di pertahanan PSG.

Sebaliknya, meski ditekan, PSG kembali mendapat peluang pertama di paruh kedua. Mbappe mendapat peluang emas di menit ke-65, tapi masih dapat dimentahkan kiper Dortmund, Roman Buerki.

Empat menit berselang, Dormund berhasil unggul. Berawala dari tembakan Guerreiro yang membentur lini belakang PSG, Haaland berhasil memanfaatkan kemelut tersebut. Dengan satu sontekan, ia menjebol gawang Navas, mengubah skor menjadi 1-0.

Tertinggal satu gol, PSG tersengat. Di menit ke-75, mereka berhasil menyamakan kedudukan. Mbappe berlari kencang membawa bola ke kotak penalti Dortmund, kemudian melepaskan crossing kepada Neymar. Bebas tanpa kawalan, mudah saja bagi pemain termahal dunia itu menjebol gawang Buerki.

Namun kesenangan PSG itu hanya bertahan 2 menit saja. Karena di menit ke-77, Haaland kembali mencetak gol. Menerima umpan Giovanni Reyna, penyerang Norwegia itu dengan meyakinkan melepaskan tembakan keras, yang menggetarkan gawang PSG untuk kedua kalinya.

Di sisa laga, PSG coba lebih agresif. Mereka ingin mengambil gol kedua, demi memudahkan mereka di partai kedua di Paris. Namun hingga peluit panjang dibunyikan, skor tetap 2-1 untuk Dortmund.

Susunan pemain

Borussia Dortmund: Roman Buerki, Dan Zagadou, Mats Hummels, Lukasz Piszczek, Achraf Hakimi, Raphael Guerreiro, Emre Can, Axel Witsel, Jadon Sancho (Marcel Schmelzer 90′), Erling Haaland, Thorgan Hazard (Giovanni Reyna 67′).

Paris Saint-Germain: Keylor Navas, Thiago Silva, Presnel Kimpembe, Thomas Meunier, Layvin Kurzawa, Marquinhos, Marco Verratti, Idrissa Gueye, Kylian Mbappe, Neymar, Angel Di Maria (Pablo Sarabia 77′).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here