Saturday, 20 April 2024
HomeKota BogorInvestor Plastik Energi Masuk Galuga, Bupati-Walikota Bogor Bikin Kesepakatan

Investor Plastik Energi Masuk Galuga, Bupati-Walikota Bogor Bikin Kesepakatan

BOGOR DAILY – Pemerintah Kota Bogor dan Kabupaten Bogor membuat kesepakatan untuk melakukan pemanfaatan serta mengatur volume Tempat Pembuangan Akhir (TPA) , Kecamatan Cibungbulang.
Hal itupun diungkapkan , Bima Arya, usai melakukan pembahasan dengan , Ade Yasin, Senin (18/2/2020) kemarin.

“Kita sedang membangun kesepakatan. Kesepakatan pertama sepakat memaksimalkan . Ke kedua sepakat menjajaki teknologi seperti apa, apa porsi Pemkot apa porsi dari kabupaten,” katanya.

Bima menjelaskan, Pemkot Bogor masih memiliki lahan seluas 38 hektare di TPA . Sedangkan, Pemkab Bogor hanya memiliki lahan seluas empat hektare.

“Yang mengelola siapa, bagimana kita bicarakan sama-sama karena peluangnya banyak sekali. Itu agenda intinya, agenda tunggal pengelolaan sampah,” jelasnya.

Di TPA memiliki daya tampung sampah sebanyak 1.000 ton sampah per-hari. Dari jumlah tersebut, masing-masing memiliki jatah 500 ton per-hari.

Namun, secara jumlah sampah yang diproduksi tiap harinya berbeda. Kota Bogor memiliki sampah sekitar 600 ton per hari, sedangkan Kabupaten Bogor mencapai 2.800 ton per hari.

Berdasarkan rencananya di TPA , PT Plastic Energy Limited asal Inggris akan mengolah sampah plastik menjadi energi biodiesel dengan membutuhkan sampah 100 ton sampah plastik. Namun, Kota Bogor dipastikan tak dapat memenuhi jumlah tersebut.

Produksi sampah plastik di Kota Bogor hanya 80 ton per hari. Belum lagi harus dibagi dengan TPPAS Lulut dan Nambo yang meminta Kota Bogor untuk memenuhi sampah plastik sebesar 500 ton per hari. Karena itu, Bima menyatakan skema pembagian sampah akan diatur ulang.

insyaallha akan jalan. Minggu ini akan dipresentasikan oleh tim peneliti dari bagimana pengaturan teknisnya, artinya gubernur sudah oke ada yang Nambo ada yang ke dibagi aja,” tukasnya. (Andi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here