Wednesday, 8 May 2024
HomeKota BogorKota Bogor Perpanjang Pengiriman Sampah ke TPPAS Galuga

Kota Bogor Perpanjang Pengiriman Sampah ke TPPAS Galuga

BOGORDAILY – Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan melakukan pembahasan mengenai kuota sampah di Tempat Pengelolaan dan Proses Akhir Sampah (TPPAS) Nambo, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor.

Hal itupun ditanggapi oleh Walikota Bogor, Bima Arya. Menurutnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, telah menyetujui usulan dari Pemkot Bogor mengenai sampah plastik yang direncanakan akan diolah di Tempat Pengelolaan dan Proses Akhir Sampah (TPPAS) Galuga.

“Di Galuga akan diperpanjang, mengolah sampah plastik disitu, Kabupaten juga akan menyumbanglah di Galuga itu.
Sementara di Nambo tetap berjalan tetapi karena Nambo ini ada kemunduran ya disesuaikan lagi nanti MoU nya dengan Nambo,” katanya kepada Bogordaily.net, Kamis (13/2/2020).

Artinya, menurut Politisi PAN itu, Volume sampah akan dikurangi yang tadinya sebanyak 400 Ton dan Provinsi perharinya kini mungkin akan mengalami pengurangan perharinya jika nanti akan dilakukan pengiriman ke Nambo.

“Ke Nambo ya dikurangi karena kan masih ada volume yang dikirim ke Galuga, nah itu disepakati Pak Gubernur Minta tujuh hari kemarin ini,” ucap Bima.

Pemkot Bogor juga nantinya akan melakukan kordinasi dengan Pemkab Bogor dalam melakukan kajian bersama. Dan setelah itu akan dikaji berapa angka yang dikirim ke Galuga baik dari Bumi Tegar Beriman maupun Kota Hujan.

“Untuk minimal volume sampah berapa nantinya, karena ada peserta baru juga dari Depok dan kabupaten lain bertambah juga, dan Kota Bogor akan dikurangi karena masih butuh pengiriman ke Galuga,” jelasnya.

Ketika ditanya diperpanjang berapa tahun, Bima menjawab selama dua tahun. Dari mulai Desember nanti akan dilakukan perpanjangan dua tahun kedepan.

“Kita berharap tahun ini bisa ground breaking lah, kita berharap tahun ini. Hanya di Galuga bukan hanya Kota Bogor dengan daerah yang lain bisa dengan kabupaten bisa dengan yang lain juga,” tukasnya.

Ia menambahkan, satu Minggu kedepan nanti akan ada pembahasan Nambo mengenai berapa Volume yang akan dikirim setiap harinya. (Andi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here