Friday, 29 March 2024
HomeNasionalMisteri Gunung Kayangan. Ada Kereta Kencana Terbang Lalu Menghilang

Misteri Gunung Kayangan. Ada Kereta Kencana Terbang Lalu Menghilang

BOGORDAILY – Setiap kali kita menuju Kota Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalsel, atau sebaliknya, ada satu kawasan yang selalu dilintasi yaitu .

Gunung atau lebih tepatnya bukit ini berada di Desa Ambungan, sekitar 10 Km dari pusat Kota Pelaihari.

Dulunya kawasan menjadi area perkebunan tebu dan ada pabrik di lerengnya. Jalur jalan provinsi pun masih satu, belum seperti sekarang yang dibagi dua, di kiri-kanan kaki gunung.

Sejak 2005, di puncak gunung dibangun sarana wisata berupa pendopo dengan dua menara, gazebo, kios dan warung, serta musholla. Jalan menuju puncak juga beraspal dan tidak begitu curam.

Berada di puncak, panorama alam nan indah bisa dinikmati. Sementara bagi yang bisa merasakan aura gaib, di puncak ini terasa ada keganjilan yang menandakan sesuatu yang mistis.

Ya, memang juga dikenal sebagai area berhawa supranatural. Banyak beberapa peristiwa aneh terjadi di situ. Bahkan penamaan juga berawal dari peristiwa aneh kala itu.

Siti (51), warga setempat yang bersama suaminya bertugas mengelola obyek wisata tersebut, mengatakan, konon penamaan Kayangan itu karena menurut kisah ada penampakan kereta kencana yang terbang melayang menuju gunung.

“Begitu kata orang dari mulut ke mulut. Pernah beberapa kali ada yang melihat saat malam sebuah kereta kencana yang ditarik sejumlah kuda, terbang di langit dan menuju gunung ini, kemudian menghilang. Mungkin dipercayai terbang dan hilangnya itu ke kahyangan atau kayangan yang artinya tempat dewa-dewa,” ungkap Siti.

Diakui Siti, selama tahun 2002 tinggal di puncak gunung itu ia dan suami tidak pernah mengalami hal ganjil. Hanya anggota keluarganya, anak dan menantu yang pernah mengalami hal tersebut.

“Kalau saya dan suami sih tak pernah lihat sesuatu yang ganjil di sini. Biasa-biasa saja. Sedangkan anggota keluarga katanya pernah, begitu juga orang-orang yang berkunjung kadang ada yang kesurupan (kerasukan mahluk halus),” papar Siti.

Pastinya, menurut Siti, asalkan niat kita baik dan tidak melakukan hal aneh, ya tak apa-apa. Sekedar sebuah alam karya Tuhan yang nyaman dinikmati.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here