Thursday, 25 April 2024
HomeKota BogorPemkot Bogor Usul ke KAI Bangun Lima Stasiun Kecil

Pemkot Bogor Usul ke KAI Bangun Lima Stasiun Kecil

BOGOR DAILY- Pemerintah Kota Bogor mengusulkan kepada PT Kereta Api Indonesia atau untuk membangun lima untuk mengurangi kepadatan di Stasiun Bogor.

Usul ini diajukan karena saat ini sedang membangun rel ganda kereta api untuk trayek Jakarta-Bogor-Sukabumi-Bandung-hingga ke Jawa Tengah. “Kami mengusulkan agar bisa membangun lima atau stoplet pada jalur kereta api Bogor-Sukabumi,” kata Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim di Balai Kota Bogor, Jumat 14 Februari 2020.

Menurut Dedie A Rachim, sejalan dengan pembangunan rel ganda atau double track kereta api itu, Pemerintah Kota Bogor mengusulkan agar dapat dibangun lima . Dengan adanya 5 stasiun itu, masyarakat Kota Bogor dan sekitarnya memperoleh kemudahan akses transportasi.

Lima yang diusulkan Pemerintah Kota Bogor, menurut Dedie, adalah Stasiun Paledang yang sudah ada tapi perlu direvitalisasi, Stasiun Empang, Stasiun Bogor Nirwana Residence, Stasiun Rancamaya, dan Stasiun Batu Tulis.

Kelima itu, kata dia, hendaknya bisa dimanfaatkan oleh kereta rel diesel maupun kereta rel listrik (KRD dan KRL), sehingga bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat Kota Bogor dan sekitarnya mengakses moda transportasi KRD dan KRL menuju ke Jakarta maupun Sukabumi.

Menurut Dedie, kalau ada lima di Kota Bogor maka pengguna jasa kereta api dari Jakarta atau Sukabumi, tidak hanya turun dan naik di Stasiun Bogor, tapi bisa turun dan naik di lima stasiun lainnya.

“Adanya lima ini juga dapat menurunkan aktivitas di Stasiun Bogor sehingga dapat mengurai kemacetan lalu lintas di sekitar Stasiun Bogor.

Menurut Dedie, untuk menguatkan usulan pembangunan stasiun kereta api tersebut, Pemerintah Kota Bogor melakukan studi kelayakan dan hasilnya akan disampaikan ke PT KAI.

SUMBER: Tempo.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here