Sunday, 26 May 2024
HomeBeritaRoket Iran Hantam Lagi Kedubes AS

Roket Iran Hantam Lagi Kedubes AS

BOGORDAILY- Beberapa dikabarkan menghantam Kedutaan Besar AS, di ibu kota Irak, Baghdad, Minggu (16/2/2020) pagi. Ini merupakan serangan terbaru yang ditujukan ke kepentingan AS di negeri tersebut.

Sebagaimana dilansir AFP, serene peringatan terdengar di sekitar jalur hijau tempat kedutaan AS berada. Belum jelas berapa jumlah namun sumber mengatakan terdengar beberapa kali ledakan.

Koresponden AFP melaporkan selain ledakan terdapat pula pesawat yang berputar-putar di wilayah dengan keamanan tinggi itu. Hingga kini belum ada laporan soal korban.

Ini adalah serangan ke-19 sejak Oktober 2019 lalu yang menargetkan kedutaan AS. Meski tak ada klaim khusus, AS menuding kelompok milisi yang didukung Iran bertanggung jawab.

Salah satunya Hashsha-Shaabi. Ini merupakan jaringan militer yang secara resmi masuk ke dalam pasukan keamanan Irak.

Serangan ini terjadi hanya beberapa jam setelah salah satu faksi yang didukung milisi Hashsha mengumumkan akan mengusir AS dari negeri itu. “Kami lebih dekat dari yang kalian pikirkan,” kata kelompok itu menunjuk AS sebagaimana dikutip dari Twitter resmi milisi itu.

Sementara itu, belum ada konfirmasi lebih lanjut dari Pentagon. Kamis lalu, pangkalan militer Irak yang menampung militer AS, K-1, juga diserang rudal Katyusha.

Irak dan Iran belum berkomentar soal ini. (cnbc)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here