Friday, 26 April 2024
HomeNasionalUsai Jemput WNI dari Natuna, Menkes Jamin Semua WNI Sehat

Usai Jemput WNI dari Natuna, Menkes Jamin Semua WNI Sehat

BOGOR DAILY- Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengaku sudah menyelesaikan tugasnya untuk mengantar dan menjemput 238 WNI dari Wuhan yang telah menjalani masa observasi di Lanud Raden Sadjad , Kepulauan Riau, selama 14 hari.

mengaku bersyukur, karena hingga hari terakhir, seluruh WNI dari Wuhan ini dipastikan sehat dan tidak memiliki gejala pneumonia, seperti batuk, pilek, sesak napas, dan demam.

“Mereka semua dalam keadaan sehat, jadi saya tadi juga sama-sama dengan mereka satu pesawat. Jadi lunas sudah, saya yang dulu menjemput pertama, sekarang yang mengantar ke Halim,” ujar di Bandara Halim Perdanakusuma, Cawang, Jakarta Timur, Sabtu (15/2/2020).

Saat menjemput dan menyaksikan mereka akan pulang ke rumah dan bertemu dengan sanak keluarga, pemilik Terawan Theory itu mengaku merasa haru, juga terselip perasaan bahagia.

“Mereka semua merasa sangat berbahagia, mau bertemu keluarganya, bertemu saudara-saudaranya, di kampungnya dalam kondisi yang sangat sehat,” ungkap Terawan.

Untuk menjamin kesehatannya, kata Terawan, Kementerian Kesehatan telah melengkapi mereka dengan sertifikat kesehatan yang menyatakan mereka sehat tanpa gelaja atau Covid-19.

“Dan kami lengkapi juga dengan sertifikat kesehatan dari hasil pemeriksaan pemantauan selama observasi,” tuturnya.

Tidak hanya dari sisi pemerintah yang diwakili Komenterian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), ada juga perwakilan dari representatif Badan Kesehatan Dunia WHO yang menyaksikan pelepasan.

Sementara itu, 238 WNI ini diangkut menggunakan 3 pesawat, yaitu 2 pesawat komersil boeing dan 1 pesawat hercules milik TNI. Mereka tiba di Bandara Halim Perdanakusuma sekitar pukul 15.40 WIB.

Sayangnya, mereka tidak bisa ditemui awak media, karena langsung dijemput oleh pemda setempat asal rumah mereka, ataupun oleh keluarga terdekat yang tinggal di sekitaran Jabodetabek.

SUMBER: Suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here